Sempat hilang dan harus berbayar, ini penyebab centang biru kembali hadir gratis di Twitter

Sempat hilang dan harus berbayar, ini penyebab centang biru kembali hadir gratis di Twitter

Techno.id - Pada tahun 2021, Twitter mulai memperkenalkan kembali fitur centang biru dengan beberapa perubahan. Twitter juga memberikan penjelasan bahwa fitur ini sekarang gratis dan tersedia untuk semua pengguna yang memenuhi persyaratan. Centang biru pada sebuah akun menunjukkan apakah akun tersebut terverifikasi atau tidak.

Beberapa akun akan mendapatkan verifikasi dengan beberapa indikator, mulai dari tokoh penting, figur publik, politikus, selebriti, atau pebisnis terkenal. Lalu akun bersangkutan adalah akun yang aktif dan tidak melanggar kebijakan Twitter. Kemudian akun memiliki informasi profil yang lengkap dan akurat.

Jadi tujuan dengan adanya centang biru kembali hadir gratis di Twitter adalah untuk memberikan pengguna Twitter kesempatan untuk memperlihatkan keaslian dan kepentingan publik mereka dengan lebih mudah. Namun, meskipun gratis, pengguna harus tetap memenuhi persyaratan untuk memperoleh centang biru tersebut.

Beberapa waktu terakhir Elon Musk membeli Twitter, fitur centang biru dari kebijakan pemilik sebelumnya dihapuskan. Sebagai CEO baru, Musk ingin menghilangkan centang biru. Tidak hilang seratus persen, proses verifikasi akun Twitter kini dinamai dengan fitur Twitter Blue. Bedanya, untuk mendapatkan centang biru, sebuah akun perlu berlangganan dengan membayarkan sejumlah nominal.

Kebijakan Elon Musk ini sempat ramai diperbincangkan. Banyak akun Twitter kehilangan centang biru dan menyatakan keluhan. Tak terkecuali dari pengguna biasa hingga para pesohor. Bahkan tak sedikit yang tidak melanjutkan verifikasi akun dengan berlangganan Twitter Blue.

Sempat hilang dan harus berbayar, ini penyebab centang biru kembali hadir gratis di Twitter

foto: Twitter.com/Elon Musk

Merangkum dari digitaltrends pada Selasa (25/4), bahwa akhir-akhir, jagat Twitter kembali geger. Itu dikarenakan beberapa akun justru mendapatkan kembali centang biru. Secara mendadak muncul dan gratis tentunya. Seperti akun milik penulis novel terkenal, Stephen King yang mendapatkan kembali tanda verifikasi tersebut. Beberapa akun Twitter dengan pengikut lebih dari satu juta followers juga kembali mendapatkan centang biru. Centang biru juga dibagikan kepada akun-akun dengan high profil seperti legenda bola basket Kobe Bryant.


(brl/guf)