4 Perbedaan cloud storage Google Drive dan Google Photos

4 Perbedaan cloud storage Google Drive dan Google Photos

Techno.id - Google memulai perjalanannya sebagai mesin pencari. Kamu cukup mengetikkan apa saja dan Google akan menampilkan hasil pencariannya. Namun, seiring perkembangan, Google mulai menyediakan berbagai layanan untuk membantu pengguna menjelajahi web.

Dua layanan Google yang banyak digunakan saat ini adalah Google Drive dan Google Foto. Layanan ini memiliki banyak fitur yang memungkinkan pengguna menyimpan berbagai file termasuk foto dan video dengan mudah.

Pada tahun 2019, Google memutuskan untuk memisahkan Google Drive dan Google Foto. Sebelumnya, Google Foto adalah bagian dari Google Drive. Namun, penyimpanan kedua layanan ini bersifat sinkron, sama seperti layanan Google lainnya. Artinya mengunggah foto ke Google Photos memakan space atau ruang penyimpanan di Google Drive yang dibatasi hingga 15 GB untuk setiap akun Google gratis.

Apa itu Google Drive dan Google Foto?

Sebelum menganalisis perbedaan antara Google Drive dan Google Foto, penting untuk memahami apa itu Google Drive dan Google Foto. Google Drive adalah aplikasi atau fitur penyimpanan dan cadangan berbasis cloud yang dibuat oleh Google dengan fitur-fitur canggih. Aplikasi ini terhubung dengan fitur atau aplikasi Google lainnya dan dapat digunakan di semua perangkat tanpa masalah. Selain itu, kamu perlu menambahkan file secara manual ke Google Drive.

Kamu dapat menyimpan berbagai file di Google Drive termasuk PDF, ZIP, foto dan video dengan batas penyimpanan 15 GB. Menariknya, kamu hanya dapat mengunggah satu file atau folder. Jika bisa menyimpan foto atau video, ternyata tidak ada fungsi edit di layanan ini.

Meskipun demikian, aplikasi ini memudahkan kamu untuk berbagi file, ada juga fungsi untuk mengedit file baik secara online maupun offline.

foto: Google7

Sedangkan Google Photos adalah aplikasi buatan Google yang digunakan untuk menyimpan foto dan video. Menggunakan teknologi AI terbaru, aplikasi ini menyimpan atau membuat album berdasarkan tanggal pengambilan foto atau video. Oleh karena itu, aplikasi ini tidak dapat menyimpan atau menampilkan file yang bukan file gambar atau file video.

Jadi, jika kamu memasang Google Foto di ponsel, aplikasi akan segera dan secara otomatis menampilkan foto dan video di ponsel. Sekilas fungsinya mirip dengan aplikasi galeri standar untuk smartphone, hanya tata letak file yang lebih jelas.

Karena aplikasi ini tentang foto dan video, Google juga menawarkan fungsi pengeditan sederhana. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur stabilisasi video untuk mengompres file. Fitur Featured File Compression bertujuan untuk memperkecil ukuran file tanpa mengorbankan kualitas dan kejernihan foto. Berikut perbedaan Google Drive dan Google Foto
dirangkum techno.id dari berbagai sumber, Senin (8/5).

1. Perbedaan user interface

Perbedaan yang terlihat jelas antara Google Drive dan Google Photos tentu saja adalah user interfacenya. Google Drive memiliki antarmuka seperti pengelola file. Di layar utama kamu akan menemukan berbagai folder dan file. Untuk membuka file dan folder, kamu perlu mengklik file dan folder tersebut.

Google Photos memiliki antarmuka seperti galeri. Di layar utama akan menemukan serangkaian foto dari kamera. Kamu juga dapat mengakses bagian Album.

2. Google Photos memiliki teknologi AI

Google Foto siap untuk menyimpan foto dan video, Google memperkenalkan teknologi AI yang dapat mengatur file. Dilengkapi dengan algoritme canggih, semua foto dianalisis dan dikelompokkan berdasarkan waktu, lokasi, jenis objek, dan lainnya. Album dibuat secara otomatis oleh kecerdasan buatan, jadi kamu tidak perlu repot memasukkan file foto atau video satu per satu.

Aplikasi atau fitur yang dibuat oleh Google ini menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk mengelompokkan foto orang satu per satu. Teknologi AI juga mampu memisahkan foto berdasarkan lokasi atau tempat.

Sedangkan Google Drive tidak dilengkapi dengan teknologi AI. Ini memaksa kamu untuk memasukkan file secara manual satu per satu. Tidak hanya itu, pembuatan folder file juga dilakukan secara manual.

3. Penyimpanan Gratis 15 GB

Seperti disebutkan sebelumnya, Google Photos awalnya datang dengan Google Drive. Meski berada dalam satu layanan, keduanya memiliki kemampuan cloud yang berbeda. Google Drive memiliki kapasitas penyimpanan 15 GB dan Google Foto memiliki ruang penyimpanan tidak terbatas.

Namun, kini Google telah memisahkan kedua layanan Google tersebut. Bagaimana dengan sistem pengarsipan? Ternyata Google Drive dan Google Foto kini berada dalam satu wadah penyimpanan cloud yang gratis 15 GB. Tempat ini terintegrasi dengan Gmail dan layanan Google lainnya.

Pengguna Google Foto yang kehabisan penyimpanan dapat menggunakan penyimpanan berbayar untuk mendapatkan lebih banyak penyimpanan.

4. Google Drive Easy File Sharing

Sebagai aplikasi atau layanan penyimpanan, Google Drive dan Google Foto memiliki kemampuan berbagi file. Fitur berbagi ini, meski sepele, sangat penting bagi karyawan.

Dengan Google Drive, kamu dapat dengan mudah berbagi file antar perangkat. Bahkan, aplikasi atau layanan tersebut telah terintegrasi atau terkoneksi dengan berbagai layanan Google dan lainnya. Beginilah cara file Google Drive dapat dibagikan dengan berbagai aplikasi atau layanan lain.

Menariknya, Google Drive memungkinkan kamu berbagi file atau folder secara langsung dengan banyak penerima. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir mengirim file satu per satu.

Selain mengirim atau berbagi file, kamu juga dapat mengedit dokumen di Google Drive dan mengizinkan orang lain untuk mengedit dokumen tertentu. Jadi kamu hanya memberikan izin untuk mengedit daripada mengunggah file. File diedit secara online langsung di Google Drive tanpa perlu aplikasi lain.

Sekarang ada hal yang berbeda di Google Photos. Dengan layanan ini, kamu hanya memiliki opsi untuk berbagi foto atau video satu per satu, seperti kamu biasanya berbagi file. Pasalnya, layanan ini tidak terkoneksi dengan layanan Google atau aplikasi lainnya.

Selain itu, Google Photos juga memiliki fitur edit foto sederhana yang sangat berguna. Dalam fitur pengeditan ini, kamu dapat memotong foto, menambahkan filter, atau menyesuaikan kecerahan dan bayangan.

Google Drive dan Google Foto pada dasarnya adalah layanan penyimpanan. Perbedaannya adalah Google Drive dapat menyimpan sebagian besar jenis file, sedangkan Google Foto hanya dapat menyimpan foto, video, atau GIF.

Meskipun Foto Google terbatas pada foto dan video, layanan ini memiliki antarmuka dan fitur pengeditan yang layak. Selain itu, terdapat teknologi AI pada layanan ini yang secara otomatis mengelompokkan foto dan video.

Pada saat yang sama, Google Drive memiliki keuntungan terhubung dengan layanan Google lainnya, termasuk WhatsApp. Dengan layanan ini kamu dapat dengan mudah mengarsipkan file atau membackup data penting.

Sayangnya, penyimpanan cloud gratis Google hanya 15GB, jadi kamu yang senang menyimpan foto secara online harus siap membayar ekstra untuk upgrade penyimpanan.

Magang: Zadun Naja

(brl/guf)