Google berencana akan mengganti kata sandi dengan passkey untuk alasan keamanan yang lebih baik

Google berencana akan mengganti kata sandi dengan passkey untuk alasan keamanan yang lebih baik

Techno.id - Selama ini untuk masuk ke akun Google seseorang harus memerlukan kata sandi (password). Nah kata sandi lama yang telah kamu gunakan selama bertahun-tahun mungkin akan segera usang. Sebab, Google akan menggunakan cara baru bagi pengguna untuk mengakses akun online mereka.

Raksasa teknologi rencanannya akan menambahkan passkey sebagai pengganti kata sandi yang lebih aman dan lebih mudah. Cara ini untuk menghindari peretasan.

Tidak seperti kata sandi, pengguna tidak perlu membuat passkey untuk mengakses akun. Jika passkey diaktifkan di akun Google, pengguna dapat membuat passkey yang unik untuk setiap situs yang mereka masuki. Alih-alih memasukkan kata sandi, mereka cukup memverifikasi identitas mereka di perangkat tepercaya dengan PIN, sidik jari, atau pemindaian wajah. Dengan cara ini akun pengguna akan menjadi lebih sulit diretas.

Protokol passkey dirancang dengan hati-hati sehingga tidak ada informasi yang dibagikan dengan situs yang dapat digunakan sebagai vektor pelacakan. Passkey dirancang untuk bekerja di sebagian besar sistem operasi sehingga bisa digunakan pada iPhone, Android, Mac, dan komputer Windows.

(brl/red)