Nggak perlu panik, begini 4 cara memulihkan dokumen Word yang belum disimpan

Nggak perlu panik, begini 4 cara memulihkan dokumen Word yang belum disimpan

Techno.id - Kehilangan dokumen Word yang belum disimpan dapat membuat frustrasi. Apalagi jika kamu telah menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengerjakannya. Tapi tenang, masih ada harapan.

Microsoft Word sebenarnya memiliki fitur untuk membantu pengguna memulihkan dokumen Word yang belum disimpan. Setidaknya, dengan cara-cara di bawah ini, mungkin pekerjaan kamu bisa diselamatkan. Berikut cara memulihkan dokumen Word yang belum disimpan.

1. Gunakan fitur AutoRecover (pemulihan otomatis)

Word memiliki fitur bawaan yang disebut AutoRecover yang secara otomatis menyimpan pekerjaan pengugna secara berkala. Untuk memulihkan dokumen yang belum disimpan menggunakan AutoRecover, ikuti langkah-langkah berikut.

- Buka Word

- Klik pada tab File

- Pilih Buka

- Klik tombol Pulihkan dokumen yang belum disimpan

- Word akan menampilkan daftar semua dokumen yang belum disimpan yang telah ditemukan

- Pilih dokumen yang ingin kamu pulihkan dan klik tombol Buka

2. Gunakan alat pemulihan file

Jika belum mengaktifkan AutoRecover, atau jika file AutoRecover rusak, kamu dapat menggunakan alat bantu pemulihan file untuk mencoba memulihkan dokumen yang belum disimpan. Ada banyak alat pemulihan file yang tersedia, sehingga kamu dapat menemukan alat yang kompatibel dengan sistem operasi pada perangkat kamu.

3. Periksa file sementara di komputer kamu

Word membuat file sementara saat kamu mengerjakan dokumen. File sementara ini terkadang berisi konten dokumen yang belum disimpan. Untuk memeriksa file sementara komputer kamu untuk dokumen Word yang belum disimpan, ikuti langkah-langkah berikut.

- Buka Windows Explorer

- Pada bilah alamat, ketik %temp% dan tekan Enter

- Cari file dengan nama yang dimulai dengan Word atau TMP dan diakhiri dengan ekstensi .docx atau .tmp.

- Urutkan file berdasarkan tanggal perubahan untuk menemukan file terbaru.

- Klik dua kali pada setiap file untuk membukanya di Word dan periksa apakah file tersebut berisi dokumen yang belum disimpan.

4. Menghubungi dukungan Microsoft

Jika kamu telah mencoba semua metode di atas dan masih tidak dapat memulihkan dokumen Word yang belum disimpan, kamu dapat menghubungi dukungan Microsoft. Cara ini mungkin dapat membantu memulihkan jika dokumen tersebut telah dicadangkan ke cloud. Berikut ini beberapa tips untuk membantu kamu mencegah kehilangan dokumen Word yang belum disimpan di masa mendatang.

- Aktifkan AutoRecover (Pemulihan Otomatis)

- Simpan dokumen secara teratur

- Gunakan alat pemulihan file untuk memindai komputer kamu untuk dokumen yang belum disimpan secara teratur

- Cadangkan dokumen kamu ke cloud

(brl/red)