Ini dia Aptos, font default Microsoft 365 baru yang menggantikan Calibri

Ini dia Aptos, font default Microsoft 365 baru yang menggantikan Calibri

Techno.id -Teknologi terus berubah, begitu pula selera banyak terhadap font. Hal inilah yang membuat Microsoft baru-baru ini mengakhiri keberadaan Calibri, font utama Microsoft yang telah ada selama 15 tahun terakhir. Microsoft pun mencari font default baru.

Microsoft memilih lima font baru yakni Bierstadt, Grandview, Seaford, Skeena, dan Tenorite. Salah satunya menjadi font yang akan digunakan untuk Microsoft 365. Setelah dilakukan ujicoba, para pengguna banyak menyukai Bierstadt, yang sekarang disebut Aptos.

Microsoft pun akhirnya menetapkan Aptos secara resmi menjadi font standar baru di Word, Outlook, PowerPoint, dan Excel. Steve Matteson adalah orang di balik Aptos. Ia dikenal sebagai pembuat font terbaik. Dia telah membuat font penting untuk Windows dan juga menciptakan Segoe. Dia memilih untuk mengganti nama Bierstadt menjadi Aptos yang diambil dari nama sebuah kota yang dicintainya di California.

Mirip dengan tipografi Swiss pada pertengahan abad ke-20, seperti dilansir betanews, Aptos adalah sans serif. Juga disebut sebagai Grotesque atau Gothic, sans serif sering kali memiliki bentuk huruf yang sederhana, bahkan guratan, dan mudah dibaca.

Ini dia Aptos, font default Microsoft 365 baru yang menggantikan Calibri foto: microsoft

Aptos, terbuat dari berbagai bentuk geometris, tebal, terdefinisi dengan baik, direktif, dan terbatas. Ini mengartikulasikan banyak bahasa dan nada yang berbeda. Ujung batangnya dipotong dengan bersih. Kotak melingkar yang halus di dalam kontur huruf memungkinkan keterbacaan yang lebih tinggi, terutama pada ukuran kecil.

Terdapat bobot huruf yang berbeda-beda untuk membantu mengatur mode dan mengarahkan perhatian pembaca. Jenis huruf default yang baru ini profesional, namun tetap mudah dipahami. Aptos mewujudkan profesionalisme, kemampuan beradaptasi, ekspresi yang halus, dan lebih jernih. Sekarang huruf kecil l memiliki ekor yang khas, memisahkannya dari huruf besar I. Kepala huruf i dan j berbentuk titik-titik melingkar, bukan lagi kotak.

Meskipun Aptos sekarang menjadi sorotan, masih ada banyak font di Microsoft 365 yang dapat dipilih. Empat font baru lainnya adalah Grandview, Seaford, Skeena, dan Tenorite. Sementara bagi mereka yang menyukai font favorit lama seperti Times New Roman, Arial, dan Calibri, masih bisa ditemukan di bagian atas menu font baru.

(brl/red)