CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 23 Maret 2016 18:00

Yes, akhir Maret ini Spotify masuk Indonesia!

Tunggu tanggal mainnya seminggu lagi!

Yes, akhir Maret ini Spotify masuk Indonesia!

Techno.id - Sudah berdiri sejak 2006, Spotify akhirnya memilih Indonesia sebagai target ekspansi global selanjutnya. Layanan streaming musik, podcast, dan video ini mengumumkan secara resmi lewat akun Facebook mereka (20/03/16) kalau Spotify akan beroperasi di Tanah Air mulai 30 Maret 2016.

Sayang, Spotify tak turut mengumumkan berapa biaya yang harus dikeluarkan penggunanya di Indonesia jika ingin menikmati layanan premium mereka.

 

Keputusan ini direspons dengan cukup hangat oleh para netizen Indonesia. Sebab, tak sedikit dari mereka yang telah menggunakan Spotify, tetapi dengan trik tertentu seperti memakai VPN. Lucunya, ada juga netizen yang takut Spotify bakal menjadi korban blokir pemerintah dan stakeholder terkait seperti apa yang terjadi pada Netflix.

Kini, ada 75 juta orang yang tercatat menjadi pengguna aktif Spotify, 30 juta di antaranya adalah pengguna berbayar. Di Indonesia sendiri, Spotify sudah ditunggu oleh kompetitor semacam Joox, Guvera, dan - salah satu yang terkuat - Apple Music.

Ekspansi perusahaan asal Swedia ini sebenarnya sudah dicanangkan pada Oktober tahun lalu. Saat itu, juru bicara Spotify masih malu-malu membocorkan kapan layanannya tersedia di Indonesia. Kemungkinan besar, langkah ini dipengaruhi tren penggunaan smartphone di Tanah Air yang terus mengalami kenaikan.

Sebagai persiapan, Anda bisa mengunduh aplikasi Spotify dulu untuk perangkat iOS atau Android milik Anda.

WHAT TO READ NEXT ?