SoundCloud jalin kemitraan dengan Sony Music

SoundCloud jalin kemitraan dengan Sony Music

Techno.id - Sebentar lagi, pengguna SoundCloud sepertinya akan bertambah pesat. Hal ini karena SoundCloud telah menandatangani kesepakatan lisensi dengan Sony Music. Dapat dipastikan pula, bahwa hubungan kerja sama ini akan membuat SoundCloud dapat membuka jalan untuk layanan berlangganan.

SoundCloud mengatakan bahwa kerja sama ini akan berdampak positif pada penggunanya. Pasalnya, beberapa lagu dari artis Sony Music dapat diakses melalui SoundCloud. Artis tersebut antara lain, Beyonc, The Weeknd, Future, Calvin Harris, Bruce Springsteen, Miguel, Foo Fighters, dan Justin Timberlake.

Di samping itu, para musisi yang menandatangani kontrak dengan SME juga memungkinkan mendapatkan uang di SoundCloud. Para musisi juga akan dipromosikan lagunya untuk membangun hubungan yang lebih serius dengan para penggemar.

Kesepakatan ini kabarnya juga mencakup lisensi Sony Music di seluruh dunia. Ini artinya SoundCloud versi gratis hanya akan menawarkan beberapa contoh lagu dari Sony Music. Sementara, lagu-lagu yang lain akan tersedia dalam versi berbayar, seperti yang dilansir oleh NYTimes (18/3/2016).

Namun, kerja sama dengan Sony Music tak berarti akan memuluskan langkah SoundCloud. Saat ini, SoundCloud mendapat pesaing dari Mixcloud. Selain itu, Apple Music juga akan ikut bersaing karena mereka baru saja bekerja sama dengan Dubset Media Holding yang memungkinkan Apple untuk streaming lagu remix dan lagu lainnya.

(brl/red)