Windows XP ternyata masih dipercaya oleh militer AS!

Windows XP ternyata masih dipercaya oleh militer AS!

Techno.id - Adanya Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 ternyata tak membuat salah satu lembaga militer Amerika Serikat sekelas Navy Seals mudah 'berpindah hati' begitu saja. Pasalnya, lembaga militer ini rela membayar jutaan dolar untuk tetap menggunakan Windows XP.

Seperti dikutip dari Geek.com (24/06/15), Angkatan Laut terbaik di dunia tersebut rela merogoh kocek hingga USD 9,1 juta atau setara dengan Rp 121 miliar kepada Microsoft untuk tetap dapat menggunakan sistem operasi yang diluncurkan pada tahun 2001 tersebut.

Sebagaimana diketahui, Microsoft secara resmi telah menghentikan dukungan teknis untuk Windows XP sejak bulan April tahun lalu. Namun di sisi lain, Microsoft masih bersedia untuk memberikan dukungan teknis bagi pihak-pihak yang bersedia membayar.

Menariknya, Windows XP bukanlah satu-satunya perangkat 'usang' yang masih digunakan oleh Navy Seals. Produk 'usang' Microsoft lainnya seperti Office 2003, Exchange 2003 dan Windows Server 2003 ternyata juga masih digunakan oleh lembaga militer tersebut.

Tentu saja, angka sebesar Rp 121 miliar bukanlah sebuah 'masalah serius' bagi lembaga militer sekelas Navy Seals. Pasalnya, Angkatan Laut tersebut setidaknya mendapat anggaran belanja lebih dari USD 100 miliar (lebih dari Rp 1.300 triliun) setiap tahunnya dari pemerintah AS.

(brl/red)