Windows 10 Mobile dianggap tak mampu 'selamatkan' Windows Phone

Windows 10 Mobile dianggap tak mampu 'selamatkan' Windows Phone

Techno.id - Sebagaimana diinformasikan sebelumnya bahwa Windows 10 akan dirilis dalam waktu dekat. Platform PC desktop dijadwalkan akan menerima pada bulan ini. Sedangkan di bulan September atau Oktober mendatang, Windows 10 direncanakan sudah hadir untuk 'menghiasi' platform mobile.

Tentu saja, Microsoft selaku pengembang berharap bahwa Windows 10 dapat menjadi sistem operasi yang mampu 'mendongkrak' popularitas Windows Phone yang hanya dijalankan oleh sekitar 3 persen dari total 100 persen smartphone di dunia. Yang pasti, Microsoft berambisi untuk mengalahkan platform lainnya, terutama Android dan iOS.

Seperti dikutip dari Softpedia (04/07/2015), para analis IT ternyata justru berkata sebaliknya. Dengan kata lain, ambisi perusahaan yang berbasis di Redmond ini tidak mungkin terjadi. Pasalnya, Microsoft dianggap masih memiliki banyak kekurangan yang harus diperbaiki baik di Windows Phone maupun di Windows 10 Mobile.

Jan Dawson selaku pimpinan di Jackdaw Research mempercayai bahwa Windows 10 memang akan membawa beberapa perubahan untuk Windows Phone. Namun, ia juga meyakini bahwa Microsoft akan membutuhkan waktu lebih banyak untuk melakukan pembaruan untuk merilis Windows 10 Mobile lebih dari satu waktu.

Satu opsi Microsoft yakni tawaran aplikasi Android yang dapat digunakan Windows 10 dianggap tidak akan banyak membantu. Ia beralasan, opsi tersebut akan membawa sejumlah pekerjaan yang lebih berat dan memakan waktu yang tidak sebentar karena membutuhkan tambahan port untuk aplikasi yang dibutuhkan.

"Windows 10 mungkin menjanjikan untuk Windows Phone dalam beberapa hal, tetapi itu tidak akan membuat perbedaan besar," ujar Dawson seperti dikutip dari ChannelWord.

"Microsoft sebenarnya dapat meninggalkan sistem operasi untuk platform mobile jika hanya dapat bertahan dengan pangsa pasar yang kecil. 'Jembatan' Android dan Windows 10 Mobile mungkin akan membantu, namun masih melibatkan beberapa pekerjaan lagi sehingga pertanyaannya adalah apakah hal tersebut tetap berharga untuk dilakukan?" imbuhnya.

Beberapa pihak menganggap bahwa pernyataan Dawson tersebut benar adanya. Pasalnya, Microsoft akan menghadapi kendala yang cukup serius, di mana Microsoft harus mampu meyakinkan para pengembang untuk menggarap sebuah proyek dengan pangsa pasar hanya sebesar 3 persen saja.

(brl/red)