CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 20 Januari 2016 14:00

Tools Learning, klaim bakal bantu siswa disleksia belajar dengan mudah

Fitur add-on ini kabarnya dapat membantu siswa di kelas yang mengidap disleksia belajar dengan mudah.

Tools Learning, klaim bakal bantu siswa disleksia belajar dengan mudah

Techno.id - Bersamaan dengan rilis Minecraft edisi Pendidikan, Microsoft dilaporkan juga menghadirkan fitur terbaru untuk OneNote yang disebut Tools Learning. Fitur add-on ini kabarnya dapat membantu siswa di kelas yang mengidap disleksia belajar dengan mudah.

Sekadar informasi, disleksia merupakan sebuah gangguan dalam perkembangan yang biasanya terjadi pada anak-anak usia 7 hingga 8 tahun. Anak yang mengidap disleksia akan kesulitan belajar membaca dengan lancar dan kesulitan dalam memahami sebuah kalimat bahkan kalimat dalam format paling sederhana sekali pun.

Fitur Tools Learning sebagaimana dilansir oleh TheVerge (19/1/16) mengusung teknologi canggih seperti sistem baca berbasis dikte dan mode membaca mendalam. Dengan teknologi itu siswa yang mengidap disleksia kabarnya dapat membaca dengan mudah karena setiap kata dalam kalimat bakal disorot dengan highlight berwarna dan setiap kata dalam kalimat akan terpisah dengan jarak yang pas.

Tak hanya itu, teknologi pada fitur Tools Learning memungkinkan siswa bisa membaca dengan mudah karena menggunakan font kustom bernama Fluent Calibri. Font kustom ini diakui oleh pihak Microsoft menjadi salah satu faktor yang membuat efek disklesia dapat dikurangi. Penggunaan font khusus pada Tools Learning diakui menjadikan proses belajar bagi siswa pengidap disleksia akan jadi lebih mudah, menarik, dan juga menyenangkan.

Untuk menggunakan layanan fitur OneNote ini, maka pengguna perlu selalu terhubung ke internet. Hal ini dikarenakan fitur Tools Learning pada OneNote yang masih hadir dalam bentuk beta tersebut perlu selalu terhubung dengan Leraning Tools dari Bing untuk mengkonversi pidato ke dalam bentuk teks.

OneNote dengan dukungan fitur Tools Learning sudah bisa diinstal ke perangkat mobile. Namun, sebelum menginstalnya pastikan Anda sudah mendownload aplikasi OneNote 2013 dan 2016 karena Tools Learning hanya bisa digunakan bersamaan dengan dua versi update software tersebut.

WHAT TO READ NEXT ?