Tiongkok jadi negara pengunduh aplikasi iOS terbanyak di dunia

Tiongkok jadi negara pengunduh aplikasi iOS terbanyak di dunia

Techno.id - Meskipun kondisi smartphone buatan dalam negeri sudah mulai berkembang, perangkat iOS di negara Tiongkok ternyata masih lebih populer. Ya, Tiongkok menjadi negara pengunduh aplikasi iOS terbesar di dunia di kuartal pertama tahun 2015 sebagaimana dikutip dari situs analisa mobile, App Annie.

Tiongkok jadi negara pengunduh aplikasi iOS terbanyak di dunia

Menurut laporan tersebut, persentase sebesar 70 persen (naik 60 persen dari kuartal ketiga 2014) di antaranya berasal dari jumlah unduh lagu melalui iTunes. Sedangkan sisanya terbagi atas aplikasi kategori Game, Photo & Video. Adapun aplikasi Pitu ialah aplikasi foto yang paling digemari warga Tiongkok.

App Annie juga mengungkapkan, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus diprediksi kuat menjadi dalang utama dibalik meningkatnya angka unduhan tersebut. Pasalnya, negara berpenduduk terpadat di dunia ini kian gemar dengan smartphone berlayar lebar (sama seperti halnya pasar Amerika Serikat).

Sementara Amerika Serikat yang pada awalnya berada di posisi pertama kini tergeser di posisi kedua setelah Tiongkok. Dengan kata lain, pendapatan Apple masih banyak berasal dari negara AS dan Tiongkok, yakni dua pasar tersebar Apple selama beberapa tahun belakangan.

(brl/red)