CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 26 Januari 2016 21:00

Mana yang lebih banyak dipakai di Android, Dropbox atau Google Drive?

Dropbox mengklaim mendatangkan lebih dari 500 juta user di Android, sementara Google Drive sudah diunduh 1 miliar kali akhir tahun lalu.

Mana yang lebih banyak dipakai di Android, Dropbox atau Google Drive?

Techno.id - Dewasa ini, layanan hosting file berbasis cloud semakin banyak. Namun, lini ini masih didominasi oleh segelintir pemain saja, contohnya Dropbox dan Google Drive. Hal ini bukan tanpa alasan, keduanya tergolong sebagai layanan cloud hosting tertua yang pernah ada dan sangat populer di kalangan user Android.

Kalau membandingkan kualitas, tentu keduanya mempunyai kelebihan tersendiri. Dengan Dropbox, misalnya, file yang dibagikan bisa kedaluwarsa untuk menghindari file itu tidak disalahgunakan orang lain di kemudian hari. Sementara Google Drive cocok untuk Anda yang membutuhkan kapasitas super besar hingga 30TB.

Nah, kalau dari segi user Android, manakah yang terbanyak di antara Dropbox dan Google Drive?

Dropbox belum lama ini ternyata sudah diunduh lebih dari 500 juta user di OS buatan Google itu. Kendati di situs resmi layanan berusia 8 tahun itu, baru tercatat ada 400 juta orang yang menggunakan Dropbox di seluruh dunia.

Sementara itu, Google Drive lebih hebat lagi dalam soal unduhan. Oktober 2015, aplikasi ini sudah melewati angka download di atas 1 miliar kali. Tentu saja Google Drive sangat terbantu dengan adanya sistem pre-instalasi yang diterapkan beberapa produsen smartphone pengusung OS Android. Kalau pengguna, mengutip dari Cloudwards.net pada November 2015, Google Drive memiliki rerata 240 juta active user per bulannya.

Itu dia sekelumit perbandingan Dropbox dan Google Drive dari segi user di Android. Anda sendiri menggunakan Dropbox, Google Drive, atau bahkan keduanya?

WHAT TO READ NEXT ?