Sistem operasi Ubuntu di smartphone, mungkinkah?

Sistem operasi Ubuntu di smartphone, mungkinkah?

Techno.id - Sejauh ini hampir seluruh ponsel didominasi oleh sistem operasi iOS, Android, Windows Phone dan BlackBerry. Pertanyaannya adalah apakah masih ada ruang untuk sistem operasi lainnya? Setidaknya itulah yang diharapkan oleh pencipta sistem operasi Ubuntu.

Canonical Ltd. ternyata menjawab pertanyaan tersebut di Mobile World Congress 2015 kemarin dengan memamerkan software di dalam The MX4 Ubuntu Edition. The MX 4 Ubuntu Edition saat ini diproduksi oleh perusahaan asal Tiongkok bernama Meizu Telecom.

Dalam pamerannya, software ini memamerkan tampilan antarmuka yang tak lazim. Tampilan antarmuka tak lazim tersebut berbentuk seperti kartu berbaris dan bukannya grid layaknya tampilan smartphone pada umumnya. Meskipun telah dipamerkan, software ini masih dalam tahap pengembangan.

Ketika diwawancarai oleh BBC, Canonical Ltd. tetap berharap ke depannya akan ada sebuah komunitas yang dapat membantu mengembangkan sistem operasi Ubuntu khusus ponsel. Mengingat saat ini perusahaan raksasa Microsoft dan BlackBerry juga sedang bekerja keras untuk mengalahkan mainstream iOS dan Android, apakah Ubuntu masih dapat bersaing?

(brl/red)