Windows XP masih tetap menjadi favorit hingga sekarang

Windows XP masih tetap menjadi favorit hingga sekarang

Techno.id - Sudah dua tahun berlalu sejak press release Windows 8 ke publik oleh Microsoft. Selama dua tahun terakhir ini, berapa banyak total pengguna Windows 8? Sekadar informasi bahwa sistem operasi baru Windows 10 rencananya akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2015, sehingga jarak press release dengan Windows 8 hanya dua tahun.

Hampir satu tahun yang lalu (tepatnya 8 April 2014), Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan layanan supports center untuk Windows XP. Artinya, pengguna Windows XP sudah tidak bisa lagi melakukan pembaruan untuk driver maupun software.

Kebijakan Microsoft tersebut bagi para pengamat teknologi telah melahirkan dua pesan penting. Pertama, ingin mendorong pengguna untuk segera berhenti menggunakan Windows XP karena sistem keamanan yang lemah. Kedua, ingin pengguna segera pindah atau upgrade ke sistem operasi yang paling baru saat ini, tak terkecuali Windows 8 atau 8.1.

Satu tahun kebijakan tersebut telah berjalan dan tak disangka ternyata Windows XP yang sudah beroperasi selama 13 tahun lamanya masih memiliki pengguna yang cukup banyak, bahkan melebihi Windows 8 yang notabene jauh lebih baru.

Windows XP masih tetap menjadi favorit hingga sekarang

Seperti dikutip NetMarketShare.com setelah satu tahun pertama peluncuran Windows 8, Windows 8 dan 8.1 meraih pangsa pasar 11,3%, Windows 7 sebesar 48,8%, Windows XP sebesar 27,5%. Pada tahun kedua, Windows 8 berhasil naik sebesar 2,7 persen, sedangkan Windows 7 meningkat hingga 9,2%.

(brl/red)