CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 24 Maret 2015 14:00

Manakah ponsel favorit Anda: iPhone, Android, atau Windows?

Mengapa manusia saat ini sangat tergantung dengan smartphone? Apa kelebihan yang dimiliki smartphone Android, iPhone, dan Windows Phone?

Manakah ponsel favorit Anda: iPhone, Android, atau Windows?

Techno.id - Setiap orang mempunyai selera masing-masing terlebih mengenai ponsel pintar. Hal ini dikarenakan, saat ini ponsel tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai simbol sosial maupun item pendukung penampilan. Dari ketiga ponsel pintar (Android, iPhone, Windows) yang marak di pasaran saat ini, iPhone adalah smartphone yang paling eksklusif. Selain karena harganya yang cukup mahal, desainnya yang nampak simpel dan elegan membuat ponsel ini banyak menjadi pilihan kaum perlente maupun kaum muda yang peduli pada penampilan. Dikutip dari TrustedReview (19/3/15), pembatasan ketat pada setiap aplikasi maupun game yang dipasarkan di App Store, membuat iPhone menjadi ponsel paling aman dari 'sampah' online, sehingga banyak orang lebih memilih menggunakan ponsel buatan Apple tersebut.

Beda iPhone, beda pula Android. Jika iPhone mengedepankan masalah eksklusivitas dan desain yang mewah, rata-rata smartphone Android justru menawarkan ponsel yang lebih 'merakyat'. Banyaknya produsen smartphone Android yang tersebar di seluruh dunia saat ini (terutama di Asia Timur), membuat Android menjadi mudah didapat. Terlebih rata-rata smartphone Android di banderol dengan harga yang cukup murah, tetapi dengan fitur yang mewah. Selain itu, pilihan aplikasi maupun game yang bervariasi dan sangat banyak di Google Play Store, juga menjadi salah satu faktor pendukung kenapa smartphone Android selalu menjadi pilihan, terlebih bagi kaum menengah ke bawah.

Berbeda dengan kedua kompetitor lainnya, Windows Phone adalah satu-satunya ponsel yang konsisten dengan gaya tampilan antarmuka. Ya, Windows memang terkenal memiliki tampilan antarmuka yang lebih sederhana ketimbang iPhone dan Android. Terlebih lagi Windows Phone rata-rata di banderol dengan harga yang relatif lebih murah. Sayangnya, toko aplikasi untuk Windows Phone memang tak selengkap Andorid maupun iOS. Memang, ada ratusan ribu aplikasi dan game yang tersedia di toko online Windows, tetapi beberapa aplikasi populer seperti SnapChat masih belum tersedia di sana.

Kendati memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, ketiga ponsel pintar ini sebenarnya menawarkan satu hal yang sama, yakni kemudahan dan kecanggihan dalam menjamah dunia dalam satu sentuhan. Namun, pilihan penggunaan ponsel pintar memang jatuh pada selera masing-masing orang, manakah yang lebih disukai. Apakah iPhone, smartphone Android, atau Windows Phone?

WHAT TO READ NEXT ?