CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 7 Oktober 2015 22:00

Pertarungan Apple CarPlay dan Android Auto di mobil Porsche 911

Di mobil konvensional boleh imbang. Tapi di mobil sport Porsche 911, Apple CarPlay adalah pemenangnya

Pertarungan Apple CarPlay dan Android Auto di mobil Porsche 911

Techno.id - Pertarungan antara Apple CarPlay dan Android Auto berlangsung kian sengit. Sejauh ini, Apple dan Google selaku pengembang aplikasi terlihat masih terus berusaha untuk meningkatkan kompatibilitas dengan menggandeng produsen mobil sebanyak-banyaknya.

Di kelas mobil konvensional, kedua platform tersebut mungkin boleh dikatakan cukup seimbang untuk urusan kompatibilitas. Namun, ternyata tidak demikian dengan kelas mobil sport, khususnya mobil pabrikan Jerman, Porsche.

Sebagaimana dikutip dari Motor Trend (05/10), anak perusahaan Volkswagen itu baru saja menyatakan bahwa pihaknya telah menyetujui aplikasi CarPlay di beberapa produk versi 2017. Salah satunya yakni mobil sport Porsche 911.

Di saat yang bersamaan pula, Porsche menyatakan bahwa pihaknya telah menolak aplikasi Android Auto untuk mobil Porsche 911. Menurut perusahaan yang berdiri tahun 1931 silam itu, Google dianggap menuntut akses data terlalu banyak pada Android Auto.

"Sebagai bagian dari perjanjian, Google meminta data seperti kecepatan kendaraan, posisi throttle, pendingin suhu dan minyak saat pengemudi mengaktifkan Android Auto," tulis Porsche sebagaimana dikutip dari 9to5mac (06/10).

Sedangkan di pihak lawan, Apple hanya meminta satu data yang jauh lebih 'ringan', yakni "apakah mobil tersebut sedang berjalan atau tidak". Bahkan, permintaan satu data tersebut diklaim Porsche untuk alasan keamanan pengemudi sendiri.

WHAT TO READ NEXT ?