CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 7 Oktober 2015 11:00

Para sopir bisa tidur saat mengendarai truk Mercedes-Benz Actros

Sopir truk Mercedes-Benz Actros bisa santai-santai di belakang kemudi.

Para sopir bisa tidur saat mengendarai truk Mercedes-Benz Actros

Techno.id - Semua pengendara mobil di Jerman, seakan dibuat takjub oleh truk besar Daimler. Truk yang dinamakan Mercedes-Benz Actros ini terlihat berjalan sendiri tanpa harus dikendalikan oleh sopir. Ya, Mercedes-Benz telah meluncurkan sebuah truk pertama dengan teknologi Highway Autopilot yang membuatnya dapat bergerak sendiri layaknya mobil self driving.

Meski dapat berjalan sendiri, sopir tetap harus mendampingi di belakang kemudi. Hal ini untuk menanggulangi kejadian yang tidak diinginkan dari pengendara lain. Walau begitu, sopir ini tidak akan mengeluarkan tenaga berlebih, bahkan dapat tidur karena truk Actros dapat sepenuhnya menggantikan peran sopir tersebut.

Truk Mercedes-Benz Actros dapat berjalan dengan aman tanpa pengemudi berkat disematkannya radar dan kamera stereo di bagian depan. Oleh sebab itu, truk ini diklaim menjadi pengemudi paling waspada di jalan dibandingkan pengemudi manusia.

Menariknya lagi, Actros bisa memperlambat kecepatan dan melakukan pengereman secara otomatis manakala ada mobil yang memotong di depannya. Bahkan, truk ini dapat menangani lalu lintas yang padat merayap (berhenti dan berjalan di kemacetan).

Lalu, apakah teknologi ini akan memusnahkan mata pencarian para sopir? Tentu saja itu bisa saja terjadi, namun teknologi Highway Autopilot hanya ditujukan untuk meringankan beban para sopir, bukan untuk menggantikannya, sebagaimana yang disampaikan oleh Mashable (6/10/15).

WHAT TO READ NEXT ?