CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 19 Oktober 2015 12:00

Pengembang Ubuntu bicara soal masa depan Firefox

Tim dibalik Ubuntu kabarnya mulai mempertimbangkan untuk mengganti Firefox sebagai web browser default di Ubuntu.

Pengembang Ubuntu bicara soal masa depan Firefox

Techno.id - Tim dibalik Ubuntu kabarnya mulai mempertimbangkan untuk mengganti Firefox sebagai web browser default di Ubuntu. Rencana ini kabarnya tak lepas dari rencana Mozilla untuk menghapus dukungan terhadap NPAPI pada akhir tahun 2016 mendatang.

Seperti dilansir oleh Softpedia (13/10/15), Mozilla memang telah mengumumkan rencana untuk menghapus dukungan untuk semua plugin NPAPI di Firefox, kecuali di Adobe Flash beberapa waktu lalu. Karena rencana ini, pengembang Ubuntu dikabarkan sedang kebingungan menentukan web browser apakah yang tepat untuk menggantikan Firefox di versi terbaru Ubuntu 16.04 LTS dan browser yang akan didukung untuk lima tahun ke depan.

Untuk mencari jalan keluar atas perubahan ini, kabarnya tim pengembang Ubuntu berniat untuk mengundang beberapa perwakilan dari Mozilla. Kabarnya pembicaraan lebih lanjut mengenai masa depan kerja sama antara keduanya bakal dilakukan pada Ubuntu Developer Summit (UDS).

Sementara itu, pihak Mozilla mengungkapkan bahwa meski sudah tak mendukung NPAPI pada akhir 2016, Firefox masih digunakan di Ubuntu sebagai web browser pihak ketiga atau bukan lagi web browser default. Jadi, pihak Mozilla mengungkapkan bahwa perubahan dukungan terhadap NPAPI tak akan mengubah layanannya kepada pengguna Ubuntu sedikit pun.

WHAT TO READ NEXT ?