CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 1 Maret 2016 09:00

Peneliti buat aplikasi yang bisa lacak lokasi korban gempa bumi

Aplikasi ini diklaim pernah membantu menyelamatkan sekitar 5.600 korban tertimbun longsoran di Gunung Everest, Nepal.

Peneliti buat aplikasi yang bisa lacak lokasi korban gempa bumi

Techno.id - Six Sigma High Altitude Medical Service baru-baru ini mengungkapkan telah berhasil membuat sebuah aplikasi yang dapat melacak lokasi korban yang terjebak dalam puing-puing bangunan pasca terjadinya gempa bumi. Pihak peneliti yang mengembangkan aplikasi bernama The Real Time Location ini mengungkapkan jika aplikasi dapat membantu melacak lokasi melalui ponsel bahkan saat jaringan komunikasi sedang terputus.

Seperti dilansir oleh NDTV (29/2/16), Pradeep Bhardwaj pemimpin lembaga yang juga pemimpin penelitian terhadap aplikasi ini mengungkapkan jika aplikasi sebenarnya menggunakan cara kerja radio amatir untuk berkomunikasi. Namun keunggulannya, aplikasi ini dapat didownload untuk ponsel dan sinyal yang dihasilkan dapat dideteksi dari peralatan khusus.

Bhardwaj mengatakan jika aplikasi tidak memerlukan jaringan seluler atau koneksi internet untuk berkomunikasi. Ia mengatakan, aplikasi buatannya tersebut bekerja dengan bantuan satelit yang terus menerus mengirimkan sinyal kode yang tak dapat digunakan untuk berkomunikasi.

Tak ketinggalan Bhardwaj mengatakan jika aplikasi besutan timnya ini dapat mentransmisikan sinyal hingga radius 50 kilometer. Hal ini diakui Bhardwaj bakal memudahkan tim penyelamat saat bencana terutama gempa bumi terjadi karena sinyal dapat memberikan informasi tentang lokasi korban dengan akurat via smartphone.

Sekadar informasi, aplikasi The Real Time Location ini sebenarnya sudah digunakan oleh tim peneliti dari Six Sigma untuk menyelamatkan banyak korban bencana longsor salju di Gunung Everest, Nepal. Pihak Six Sigma mengklai sudah lebih dari 5.600 korban di sana yang terselamatkan dan ditemukan oleh aplikasi ini.

Berbekal pengalaman itulah, pihak Six Sigma mengungkapkan segera mengajukan proses pengesahan kepada pemerintah India supaya aplikasinya dapat digunakan untuk misi penyelamatan di seluruh dunia.

WHAT TO READ NEXT ?