Panic Mode, fitur baru untuk amankan iPhone Anda

Panic Mode, fitur baru untuk amankan iPhone Anda

Techno.id - Kita tak pernah tahu, apa yang bakal terjadi di jalanan ketika kita sedang melenggang sambil sibuk dengan ponsel. Banyak kasus perampokan terjadi di jalanan, selain tentu saja menyebabkan kerugian secara materi, keamanan akun serta data yang terdapat di dalamnya pun juga terancam jatuh ke tangan orang-orang tak bertanggung jawab.

Karena itulah Apple mempatenkan sebuah fitur baru bagi para pengguna setianya. Seperti yang telah diberitakan oleh 9To5Mac pada hari Jumat (05/11/15), fitur baru ini bernama Panic Mode. Bagaimana cara kerjanya dan apa fungsinya?

Panic Mode adalah kondisi ketika iPhone membutuhkan sidik jari pemiliknya saat ia merasa terancam, atau dalam keadaaan berbahaya, seperti misalnya dipaksa seseorang untuk membuka passkey dan menyerahkan ponselnya. Berdasar dari Touch ID, fitur ini sangat berguna demi keamanan pengguna iPhone.

Ketika diaktifkan, secara otomatis akses pada data pribadi akan terblokir dan ponsel mensimulasikan seolah iPhone dalam kondisi masih baru. Panic Mode juga berfungsi untuk mengaktifkan kamera serta microphone, lalu mengirimkannya pada provider.

Panic Mode, fitur baru untuk amankan iPhone Anda

Provider tersebut akan meneruskan informasi darurat tersebut pada teman, keluarga, atau saudara dan memberitahukan bahwa sang pemilik iPhone sedang butuh bantuan atau berada dalam situasi berbahaya, atau bahkan menghubungi pihak kepolisian, pemadam kebakaran, atau paramedis.

Provider akan mengetahui posisi pengguna yang mengaktifkan Panic Mode hanya dari GPS. Fitur yang dipatenkan Apple ini meliputi beberapa macam Panic Mode, untuk situasi yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan. Cara mengaktifkannya hanya dengan menyentuhkan jari pada sensor Touch ID saja.

Dengan adanya fitur baru dari Apple ini, pelaku kejahatan akan berpikir 2 kali untuk merampok iPhone dari tangan pemiliknya ketika sedang berada di tempat umum.

(brl/red)