CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 28 Juli 2015 07:00

Mencoba layanan Dmail, fitur untuk menghapus email yang sudah terkirim

Fitur ini baru bisa digunakan di Google Chrome. Akan tetapi, bisa diterima oleh platform mana pun.

Mencoba layanan Dmail, fitur untuk menghapus email yang sudah terkirim

Techno.id - Setidaknya sekali dalam seumur hidup, Anda pasti pernah menyesal setelah melayangkan sebuah email dan berharap si penerima tak akan membacanya. Nah, daripada terus menyesali hal tersebut, lebih baik Anda mulai "mempersenjatai" diri dengan servis baru dari Dmail, sebuah fitur yang akan menghapus email yang Anda kirim secara otomatis atau kapan pun sesuai dengan kehendak Anda.

Berangkat dari rasa penasaran, tim Techno.id pun menguji layanan ini. Penggunaannya ternyata cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan akun Gmail dan browser Google Chrome, karena Dmail sendiri ialah extension dari browser tersebut. Untuk memasang Dmail, silakan buka tautan berikut.

Ketika Dmail sukses terpasang di Google Chrome, maka Anda akan melihat tombol aktivasi Dmail di dekat tombol Send saat membuat email baru. Sementara di sisi kanan Anda, terdapat kolom "masa aktif" email yang bakal Anda kirimkan itu. Saat ini, baru ada tiga opsi waktu penghapusan email yang tersedia, yakni satu jam, satu hari, dan satu minggu.

Namun selain menunggu email tersebut terhapus dengan sendirinya, Anda juga bisa menghapusnya kapan saja sebelum email itu terhapus secara otomatis. Caranya yaitu dengan mengklik tombol "Revoke Email" di sebelah kanan email yang telah terkirim tadi.

Pasca email berhasil terkirim, penerima email Anda akan melihat banner dari Dmail yang menandakan bahwa email tersebut telah dienkripsi oleh Dmail. Penerima juga masih bisa membuka email Anda, meskipun tidak memiliki ekstensi Dmail di browser-nya. Untuk membuka email yang telah terenkripsi oleh Dmail, si penerima hanya perlu mengklik tombol "View Message".

Isi dari email tersebut pun akan muncul di pop-up window baru.

Lalu bagaimana kalau pesan tersebut masa sudah di-revoke atau terhapus secara otomatis? Seperti yang sudah Anda perkirakan, baik sender maupun receiver tak bisa lagi melihat isi dari email itu.

Itu dia sekilas kecanggihan layanan Dmail. Untuk saat ini, Dmail masih menyediakan layanan beta-nya secara cuma-cuma. Namun secara bertahap, mereka bakal menyediakan pula paket premium untuk perusahaan serta merilis layanan ini di platform iOS di bulan Agustus mendatang.

WHAT TO READ NEXT ?