Ini sejumlah browser yang sudah dukung HTTP/2

Ini sejumlah browser yang sudah dukung HTTP/2

Techno.id - Hadirnya HTTP/2 sebagai terobosan besar untuk menggantikan HTTP/1.1 yang sudah ketinggalan zaman memang banyak dinantikan, terutama developer web dan pihak lain yang berkecimpung di industri internet. Pasalnya, HTTP/2 diciptakan untuk menambal kelemahan yang ada di protokol web versi sebelumnya, misalnya dari segi kecepatan dan keamanan.

Dengan kelebihan seperti itu, tak ayal jika protokol ini telah mendapatkan dukungan dari browser ternama. Sampai saat ini, menurut Edy Budiman, Founder dan CEO PT Dewaweb, HTTP/2 sudah didukung oleh peramban seperti IE versi 11, Firefox 38, Chrome 42, Safari 9, Opera 30, iOS Safari 9, serta Chrome for Android v42.

Yang cukup disayangkan ialah belum semua server mendukung teknologi HTTP/2 ini. Tak ayal, HTTP/2 plus manfaat yang dibawanya belum bisa dinikmati secara luas, walaupun user sudah menggunakan browser tersebut.

Masa depan HTTP/2 sendiri dijamin akan cerah. Sebab dengan HTTP/2, waktu loading halaman situs akan lebih cepat, akses lebih aman, serta lebih hemat bandwidth.

"Ke depannya, HTTP/2 bukan hanya akan menjadi solusi berinternet cepat dan aman, tapi juga merupakan pondasi evolusi yang akan mengubah dunia," imbuh Edy seperti dikutip dari rilis pers yang diterima Techno.id (01/11/15).

(brl/red)