Kehadiran ekstensi Microsoft Edge ditunda hingga 2016?

Kehadiran ekstensi Microsoft Edge ditunda hingga 2016?

Techno.id - Seperti diketahui, ekstensi pada Chrome atau add-on pada Firefox sejatinya bermanfaat dalam menambah fitur bawaan dari kedua web browser itu sendiri. Nah, sebagai web browser baru yang kian populer, apakah Microsoft Edge nantinya juga bakal dilengkapi dengan fitur ekstensi?

Menurut laporan terbaru dari situs Ubergizmo (20/10), ekstensi untuk web browser bawaan Windows 10 tersebut dinyatakan tidak akan hadir hingga tahun 2016. Menariknya, belum lama ini Microsoft padahal sudah mengatakan jika ekstensi Edge akan hadir di akhir tahun 2015.

Sejauh ini, para pengguna Edge memang tidak banyak yang mengeluhkan soal kehadiran fitur ekstensi. Dengan kata lain, kemampuan web browser tersebut saat ini boleh dikatakan sudah cukup baik meskipun tidak dibantu dengan ekstensi seperti halnya Chrome atau Firefox.

Atas dasar itu pula, Microsoft diyakini memang tidak sedang terburu-buru untuk menghadirkan ekstensi pada web browser Edge. Tujuannya pun cukup jelas, yakni agar Microsoft dapat lebih berfokus mengembangkan ekstensi yang lebih baik untuk persaingan di kemudian hari.

Hal ini pun kian diperkuat dari Threshold 2 yang selalu menyertakan konten pembaruan (changelog) untuk web browser Edge. Hingga saat ini, Threshold 2 masih belum memperlihatkan indikasi-indikasi fitur ekstensi bakal hadir di Microsoft Edge dalam waktu dekat.

Di sisi lain, sejumlah pihak juga cukup menyayangkan penundaan kehadiran ekstensi ini. Prediksi mereka, web browser Edge berisiko untuk kehilangan para pengguna setianya jika tidak mampu menghadirkan fitur ekstensi secepat mungkin.

(brl/red)