CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 12 Mei 2016 21:15

Fitur baru browser Opera bikin hemat baterai laptop hingga 50 persen!

Browsing dengan browser Opera baru bisa membuat baterai laptop hemat hingga 3 jam lebih lama ketimbang menggunakan browser lainnya.

Fitur baru browser Opera bikin hemat baterai laptop hingga 50 persen!

Techno.id - Setelah resmi menghadirkan fitur native ad blocker beberapa waktu lalu, hari ini (12/5/16) Opera kembali merilis fitur baru untuk browser versi PC-nya. Perusahaan berlambang bulatan berwarna merah itu, diketahui telah merilis fitur mode hemat daya yang dapat menghemat konsumsi baterai laptop hingga 50 persen.

Krystian Kolondra, SVP of Engineering Opera dalam siaran pers yang diterima Techno.id (12/5/16) mengatakan, "Tentunya sangat menyebalkan ketika Anda kehabisan baterai baik ketika Anda sedang bepergian, menonton video, atau bahkan ketika Anda ketinggalan charger. Mode hemat daya baru kami akan memberitahu Anda ketika laptop mulai mengkonsumsi baterai dan ketika mode ini diaktifkan, Anda dapat meningkatkan usia pemakaian baterai Anda sebanyak 50 persen."

Lebih lanjut Kolondra menjelaskan jika fitur yang datang bersama dengan versi update Opera 39 ini dapat menghemat daya baterai hingga 50 persen karena kinerja sistem terbaru yang disematkan didalamnya. Berkat sistem tersebut, kini browser dilaporkan dapat mengurangi aktivitas dari tab background, menyesuaikan page-redrawing frequency, dan pengaturan parameter video playback yang selama ini diketahui menjadi 'biang' borosnya konsumsi baterai pada laptop saat aktivitas browsing.

Menariknya, dari uji yang dilakukan oleh pihak Opera diketahui jika browser yang telah mengusung fitur hemat daya baru ini mampu menghemat penggunaan baterai di laptop hingga 3 jam lebih lama dari browser seperti Google Chrome atau browser Opera versi lama di laptop yang menjalankan Windows 10, 64-bit.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mencicipi fitur baru browser Opera ini maka pastikan Anda sudah men-download versi terbaru Opera 39. Jika sudah, maka aktifkan mode ini dengan cara klik ikon baterai yang muncul di sebelah kolom pencarian dan alamat di browser Opera yang muncul setelah kabel listrik laptop dicabut.

Sebagai catatan, browser versi baru ini kabarnya juga dapat mendeteksi ketika baterai laptop sudah menipis dan akan menyarankan pengguna untuk mengaktifkan mode hemat daya.

WHAT TO READ NEXT ?