CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 25 April 2016 17:00

Facebook rajai Play Store, lalu siapa penguasa App Store?

Jawabannya adalah dan masih Tencent!

Facebook rajai Play Store, lalu siapa penguasa App Store?

Techno.id - Ada yang unik dalam peta persaingan penyedia aplikasi di Play Store. Google selaku pemilik toko digital resmi Android malah tak mampu menguasai tokonya sendiri.

Berdasarkan versi SensorTower, penguasa Play Store secara global adalah Facebook. Berkat rentetan aplikasinya seperti Messenger, Facebook Groups, Moments, dan Facebook for Android sendiri, mereka mampu menembus 250 juta lebih download dalam tiga bulan terakhir. Dalam laporan SensorTower Store Intelligence Q1 2016 Data Digest tersebut, Google cuma ada di posisi ketiga, tepat di bawah Kingsoft.

Developer aplikasi terpopuler di Google Play Store Q1 2016
© 2016 SensorTower

 

Lalu, bagaimana dengan Apple App Store?

Untuk toko yang satu ini, posisi Google malah lebih baik, karena mereka bertengger di nomor dua dengan perolehan hampir 120 juta download. Sebaliknya, Facebook yang merajai Play Store cuma berada di posisi ketiga.

Namun, dua publisher asal Amerika Serikat itu harus mengakui keunggulan Tencent, yang dengan mudah meraih lebih dari 150 juta unduhan. Dengan sejumlah aplikasi yang ditujukan untuk user dari Tiongkok plus fakta penunjang bahwa Negeri Tirai Bambu adalah salah satu pasar terbesar Apple, rasanya cukup wajar jika Tencent begitu dominan di App Store.

Developer aplikasi terpopuler di Apple App Store Q1 2016
© 2016 SensorTower/SensorTower

 

Capaian Tencent ini mengulang cerita di kuartal terakhir 2015 lalu. Saat itu, mereka memiliki jumlah download di atas 120 juta dan menghentikan dominasi Google di App Store yang berlangsung selama kuartal kedua dan ketiga 2015.

WHAT TO READ NEXT ?