CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 21 April 2016 21:00

Google: Pengguna aktif Chrome versi mobile kini 1 miliar

Google secara resmi mengumumkan bahwa jumlah pengguna aktif peramban Chrome versi mobile (iOS dan Android) kini telah mencapai satu miliar

Google: Pengguna aktif Chrome versi mobile kini 1 miliar

Techno.id - Google Chrome sejatinya sudah menjadi peramban terpopuler di versi desktop. Namun kini, kepopuleran tersebut malah melebar ke ranah mobile, baik itu di platform iOS maupun Android.

Sebagaimana dilansir VentureBeat (20/04), Google baru saja menjabarkan bahwa pengguna aktif Chrome di kedua platform tersebut telah mencapai angka satu miliar. Secara terperinci, Chrome versi mobile memuat 771 miliar halaman dan 500 miliar kata kunci setiap bulannya.

Lebih dari itu, Google juga mengklaim jika fitur hemat data milik Chrome berhasil 'menyelamatkan' sekitar 2 juta gigabyte bandwidth, 3,6 miliar halaman yang berhasil diterjemahkan secara otomatis, hingga USD 2,5 juta untuk membayar siapa pun yang menemukan celah keamanan.

Jika dibandingkan dengan laporan yang sama 6 bulan lalu, jumlah pengguna aktif Chrome masih berkisar 800 jutaan. Singkat kata, Google berhasil mengukir prestasi gemilang dengan meraih 200 juta pengguna dalam waktu 6 bulan.

Sementara itu, salah satu fitur Chrome yang dianggap cukup mendongkrak popularitas adalah sinkronisasi platform. Hal ini mencakup fitur bookmark yang hanya perlu dilakukan di versi desktop dan tetap terbaca di versi mobile. Begitu pun sebaliknya.

Yang perlu digarisbawahi, pengguna aktif Chrome di angka satu miliar itu baru terbatas pada versi mobile saja. Jika digabungkan dengan versi desktop, maka besar kemungkinan bahwa angka tersebut bakal lebih tinggi.

WHAT TO READ NEXT ?