EmoWatch, aplikasi untuk mengetahui emosi penggunanya

EmoWatch, aplikasi untuk mengetahui emosi penggunanya

Techno.id - Kepintaran Siri sebagai salah satu bentuk kecerdasan buatan memang tak perlu diragukan lagi. Namun tentu saja, Siri masih belum bisa membedakan, mana suara Anda ketika sedang galau, dan saat Anda merasa gembira.

Hadir bagi pengguna Apple Watch, aplikasi yang satu ini bisa dikatakan mampu mendeteksi emosi penggunanya. Seperti yang telah diberitakan oleh TechCrunch pada hari Sabtu (09/04/16), sebenarnya, aplikasi yang bernama EmoWatch ini juga bisa dijalankan pada iPhone.

EmoWatch, aplikasi untuk mengetahui emosi penggunanya

Aplikasi EmoWatch untuk Apple Watch dan iPhone
2016 techcrunch.com/techcrunch.com

Jika aplikasi pada fitness tracker memang didesain untuk mengamati aktifitas fisik penggunanya, maka aplikasi yang satu ini memang dibuat untuk mengetahui kondisi emosi penggunanya. Bagaimana cara kerjanya?

EmoWatch akan mendeteksi emosi berdasar dari conttoh suara Anda meski hanya 2-3 detik saja. Dari contoh suara tersebut ia bisa menyimpulkan emosi penggunanya berdasar parameter, intonasi, pitch, kecepatan, serta volume.

Sedangkan barometernya, EmoWatch menggunakan 4 macam dimensi emosi yaitu gembira, sedih, marah, serta tenang. Pihak developer yang mengembangkan aplikasi ini mengatakan bahwa seharusnya EmoWatch bisa digunakan secara global, apapun latar belakang linguistik penggunanya.

(brl/red)