CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 6 Februari 2016 06:00

Awas, aplikasi launcher di Android Anda mungkin disusupi hacker!

Pokoknya kalau ada SMS mencurigakan, tidak usah dibuka. Kalau tidak, handset Anda bisa jadi bulan-bulanan hacker.

Awas, aplikasi launcher di Android Anda mungkin disusupi hacker!

Techno.id - Ada saja modus operandi penyusup untuk mengobrak-abrik gadget pribadi. Cheetah Mobile Security Research Lab beberapa waktu lalu telah menemukan ancaman yang hampir tidak terduga bagi pengguna Android, yakni melalui aplikasi launcher.

Tak diduga, kan? Padahal, banyak user Android yang menggunakan aplikasi launcher dari pihak ketiga untuk mempercantik interface ponsel kesayangan mereka. Namun ternyata, cara itu malah menempatkan mereka dalam bidikan malware.

Lebih lanjut, aplikasi-aplikasi launcher atau homescreen yang terinfeksi malware itu diketahui bakal menipu para user dengan memunculkan SMS palsu yang dikirim oleh si peretas. SMS palsu itu mungkin tampak berasal dari teman, keluarga, operator telekomunikasi, atau pihak bank. Begitu SMS dibuka dan malware sudah masuk, tujuan si peretas salah satunya ialah mencuri informasi penting seperti akun bank yang tersimpan di smartphone. Teknik ini pun diyakini lebih mudah membuat target tertipu karena perhatian mereka sudah tersita dan memicu rasa penasaran.

Mengutip dari blog post Cheetah Mobile (18/05/15), sejumlah aplikasi homescreen yang terendus pernah disusupi malware itu antara lain: Go Launcher, Dodol Launcher, Solo Launcher, Hola Notification, dan Lazy-Swipe. Daftar lengkapnya tersaji di tabel berikut:

Daftar aplikasi launcher Android yang terindikasi disusupi malware
© 2015 Cheetah Mobile Security

 

Sebagai gambaran, Cheetah Mobile sendiri telah membuat aplikasi launcher. Kendati aplikasi bernama CM Launcher itu tak masuk daftar di atas, tentu tak ada jaminan bahwa aplikasi tersebut 100 persen aman. Setidaknya, Anda wajib waspada begitu menerima notifikasi atau pesan yang mencurigakan, apa pun launcher yang Anda pakai. 

Semoga informasi ini bisa membuat Anda, utamanya para pengguna Android, lebih berhati-hati.

WHAT TO READ NEXT ?