CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 5 Februari 2016 20:00

Banyak malware, usahakan jangan unduh aplikasi dari app store berikut

Berdasarkan data dari Cheetah Mobile Security Research Lab, bahkan Google Play Store tak 100 persen aman.

Banyak malware, usahakan jangan unduh aplikasi dari app store berikut

Techno.id - Smartphone dan aplikasi seluler jelas makin tak terpisahkan hari demi hari. Dengan terus lahirnya mobile app setiap hari, pengguna smartphone pun tak cuma merasakan manfaat dari fitur aplikasi tersebut, tetapi juga ancaman malware.

Paparan dari Cheetah Mobile Security Research Lab bisa dijadikan peringatan bagi para user Android agar lebih berhati-hati saat meng-install aplikasi di handset-nya. Sepanjang kalender 2015 saja, mereka telah menemukan 9,5 juta infeksi malware yang menyerang perangkat OS buatan Google itu. Ngerinya, app store pihak ketiga seharusnya ikut bertanggung jawab terhadap persebaran malware itu.

Cheetah Mobile Security mengambil sampel aplikasi dari beberapa toko maya untuk Android. Nineapps dan Getjar adalah dua app store teratas yang persentase malware-nya begitu tinggi. Masing-masing dari mereka mengandung potensi sebesar 0,16 persen.

Namun masih berdasarkan data dari sumber yang sama, bahkan Google Play Store tak 100 persen aman. Di toko aplikasi resmi Android itu, terdapat 48 malware dari 904 ribuan sampel aplikasi yang diambil. Setidaknya, Google Play Store tetaplah yang teraman dibanding app market lain yang lebih rendah reputasinya. Terakhir, mereka bahkan tak segan-segan menghapus 13 aplikasi yang terindikasi mengandung malware.

Statistik sampel malware di dalam aplikasi mobile dari beberapa app store
© 2016 Cheetah Mobile Security

 

Monitoring yang longgar dari pengelola toko aplikasi maya ditengarai sebagai penyebab utama hal ini. Mengingat Anda tak bisa sepenuhnya bergantung pada pengamanan app store tersebut, ada baiknya jika Anda turut memasang aplikasi anti-virus atau anti-malware di handset Anda demi keamanan masing-masing.

WHAT TO READ NEXT ?