CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 4 Februari 2016 05:00

60 Game di Google Play Store terjangkit virus dan belum disembuhkan

Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda menginstal game yang sudah populer.

60 Game di Google Play Store terjangkit virus dan belum disembuhkan

Techno.id - Berhatilah-hatilah saat ingin mengunduh game dari Google Play Store. Belum lama ini, sebuah perusahaan keamanan bernama Dr. Web mengungkap bahwa beberapa game di Google Play Store telah terjangkit virus. Menurut perusahaan yang terletak di Moskow ini, virus tidak sembunyi dalam game, tapi menempel pada gambar di permainan tersebut.

Sejauh ini, Dr. Web menemukan 60 game yang dibuat oleh 30 perusahaan telah terinfeksi virus. Namun, di antara 60 permainan tersebut, tak satu pun yang masuk dalam judul game terpopuler. Sebagian besar dari game tersebut justru dianggap tiruan dari game terpopuler.

Kendati demikian, Anda tetap harus waspada. Pasalnya, virus trojan Android.Xiny.19.origin ini dapat menginstal program yang tidak diinginkan pada handset Anda. Bahkan, nomor IMEI ponsel Anda bisa dikirim untuk dikendalikan dari server yang jauh. Tentunya, ini akan lebih berbahaya karena para hacker dapat mengidentifikasi perangkat Anda dan mengutak-atik dengan leluasa.

Parahnya lagi, sebagian besar game yang terinfeksi masih berjejer rapi di Google Play Store dan belum disembuhkan. Namun, Anda dapat mengenali beberapa game berbahaya tersebut, di antaranya adalah BILLAPS, Conexagon Studio, dan Fun Color Games. Dari namanya memang tidak ada yang terkenal, tetapi virus lebih tertarik menyelinap ke dalam gambar pada game tersebut untuk melewati deteksi keamanan.

Jadi, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda menginstal game yang benar-benar populer saja. Tak perlu coba-coba dengan aplikasi yang kurang terkenal atau aplikasi baru, seperti yang dikutip dari PhoneArena (2/2/2016).

WHAT TO READ NEXT ?