CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 8 April 2016 13:00

Aplikasi iOS mungkin tak bisa dihapus, tapi bisa disembunyikan

Sederet kode unik ditemukan di metadata iTunes, seperti apa?

Aplikasi iOS mungkin tak bisa dihapus, tapi bisa disembunyikan

Techno.id - Sejak diperkenalkan ke publik delapan tahun silam, pengguna iOS tak pernah diijinkan Apple untuk menghapus aplikasi bawaan. Perusahaan berlogo apel tergigit itu beralasan, menghapus aplikasi bawaan dapat menyebabkan kerusakan karena sistem yang saling terintegrasi.

Meski demikian, situs AppAdvice (06/04) baru saja membocorkan sebuah rahasia Apple yang mengklaim bahwa aplikasi bawaan iOS ke depannya dapat disembunyikan. Ya, aplikasi bawaan iOS mungkin bakal tetap tak bisa dihapus, tetapi dapat disembunyikan.

Menurut laporan tersebut, saat ini Apple (secara diam-diam) tengah menguji coba sederet kode khusus di metadata iTunes. Yang membuatnya terlihat menarik, deretan kode itu tertulis kata "isFirstParty" dan "isFirstPartyHideableApp" di setiap aplikasi App Store.

Kode rahasia Apple di metadata iTunes
© 2016 AppAdvice

Seperti tampak pada gambar di atas, perintah deretan kode itu bertuliskan "false", yang artinya adalah nonaktif. Sementara untuk 'tahap pengaktifan', menurut AppAdvice, akan diumumkan Apple di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2016 saat memperkenalkan iOS 10.

WHAT TO READ NEXT ?