CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 5 April 2016 06:00

Fitur simpel iOS yang belum diadopsi Android tercanggih sekalipun

Sekilas terlihat sepele, namun nyatanya tidak sedikit produsen Android yang melupakannya. Apa itu?

Fitur simpel iOS yang belum diadopsi Android tercanggih sekalipun

Techno.id - Tahun ini, platform Android setidaknya telah berumur sekitar 7,5 tahun. Seiring perjalanannya, sistem operasi milik Google ini sukses mendominasi pasar global dengan pangsa lebih dari 80 persen. Sementara pesaing terkuatnya, iOS, hanya di bawah 20 persen.

Secara pangsa, Android memang jauh lebih unggul. Kendati demikian, ada satu fitur iOS yang ternyata tidak pernah dimiliki ponsel Android terbaru maupun tercanggih sekalipun. Sebagaimana dikutip dari Phone Arena (29/03), fitur tersebut adalah tombol fisik Mute (mode bisu).

Ya, sekilas memang tampak sepele. Tetapi faktanya, smartphone pertama Android G1 T-Mobile hingga Samsung Galaxy S7 Edge masih saja tidak memiliki yang satu ini. Para produsen raksasa seolah terlena dengan tombol mute digital bawaan Android, bahkan Google sendiri.

Untungnya, tak semua produsen Android melupakan tombol fisik Mute. Salah satunya seperti OnePlus. Pada tahun 2015 lalu, produsen smartphone asal Tiongkok itu merilis OnePlus 2, sebuah smartphone modern berbasis Android yang dilengkapi dengan tombol fisik Mute.

Sementara bagi produsen lainnya, mereka tetap terlena dan seakan justru melewati fitur sederhana ini. Sebut saja seperti produsen Tiongkok yang mulai beramai-ramai mengadopsi sensor sidik jari, hingga LG yang sudah mulai berinovasi dengan smartphone modular.

WHAT TO READ NEXT ?