Apakah Anda juga menerima email dengan ikon gembok terbuka di Gmail?

Apakah Anda juga menerima email dengan ikon gembok terbuka di Gmail?

Techno.id - Mungkin belakangan ini, Anda sedang kebingungan memandangi pesan elektronik aneh yang masuk ke akun Gmail Anda. Email tak biasa yang dimaksud adalah email yang mencantumkanikon gembok merah terbuka yang berada tepat di bawah akun pengirim.

Apakah Anda juga menerima email dengan ikon gembok terbuka di Gmail?

Email dengan ikon gembok merah terbuka
2016 techno.id

Kalau iya, Anda tak perlu khawatir dan buru-burumenghapus atau mengirim email itu ke kotak spam. Ikon tersebut sebenarnya cumaisyarat dari Google bahwaemail itu tak seamansebagaimana mestinya.

Ya, beberapa waktu lalu, Google telah meng-update sistem pengamanan pada Gmail. Layanan surat elektronik yang sudah digunakan 1 miliar orang itu kini mendukung enkripsi TLS (Transport Layer Security), yang berguna untuk mengenkripsi pesan masuk dan keluar di akun Anda secara otomatis selagi bisa. Jadi, pengamanan itu bertugas memastikan email tetap privat dan tak ada aplikasi third-party yang bisa menyusup.Harapannyaancaman seperti phisingdi email bisa diperangi.

Nah, ikon gembok terbuka itu menjadi penanda kalau email tersebut belum diautentikasi oleh enkripsi TLS. Akan tetapi, tak semua email dengan bubuhan tanda ini berbahaya, kok. Untuk amannya, pastikan saja pengirim email itu Anda kenal sebelum mengirim informasi sensitif seperti password atau mengklik link yang tercantum di dalamnya.

Dengan informasi ini, semoga Anda tak panik jika menerima email sejenis.

(brl/red)