CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 14 Februari 2016 09:00

Apakah Anda juga menerima email dengan ikon gembok terbuka di Gmail?

Gmail hanya mencoba mengingatkan bahwa email tersebut tak sepenuhnya aman.

Apakah Anda juga menerima email dengan ikon gembok terbuka di Gmail?

Techno.id - Mungkin belakangan ini, Anda sedang kebingungan memandangi pesan elektronik aneh yang masuk ke akun Gmail Anda. Email tak biasa yang dimaksud adalah email yang mencantumkan ikon gembok merah terbuka yang berada tepat di bawah akun pengirim.

Email dengan ikon gembok merah terbuka
© 2016 techno.id

 

Kalau iya, Anda tak perlu khawatir dan buru-buru menghapus atau mengirim email itu ke kotak spam. Ikon tersebut sebenarnya cuma isyarat dari Google bahwa email itu tak seaman sebagaimana mestinya. 

Ya, beberapa waktu lalu, Google telah meng-update sistem pengamanan pada Gmail. Layanan surat elektronik yang sudah digunakan 1 miliar orang itu kini mendukung enkripsi TLS (Transport Layer Security), yang berguna untuk mengenkripsi pesan masuk dan keluar di akun Anda secara otomatis selagi bisa. Jadi, pengamanan itu bertugas memastikan email tetap privat dan tak ada aplikasi third-party yang bisa menyusup. Harapannya ancaman seperti phising di email bisa diperangi.

Nah, ikon gembok terbuka itu menjadi penanda kalau email tersebut belum diautentikasi oleh enkripsi TLS. Akan tetapi, tak semua email dengan bubuhan tanda ini berbahaya, kok. Untuk amannya, pastikan saja pengirim email itu Anda kenal sebelum mengirim informasi sensitif seperti password atau mengklik link yang tercantum di dalamnya.

Dengan informasi ini, semoga Anda tak panik jika menerima email sejenis.

WHAT TO READ NEXT ?