Akankah Samsung 'beralih hati' dari Android?

Akankah Samsung 'beralih hati' dari Android?

Techno.id - Beberapa manuver Samsung dalam memproduksi produk khususnya di lini smartphone boleh dibilang semakin mendekati kemandirian. Sebagaimana dikutip dari Reuters (29/06/2015), tahun ini Samsung bahkan diberitakan akan meluncurkan sejumlah ponsel dengan sistem operasi Tizen.

Seperti diketahui, Samsung sebelumnya juga telah mengembangkan prosesor Exynos yang saat ini tengah digunakan di Galaxy S6 dan S6 Edge. Hadirnya Exynos saat itu digadang-gadang karena adanya isu overheating di prosesor Snapdragon yang dikembangkan oleh Qualcomm.

Jika Anda belum pernah mendengar sebelumnya, Tizen merupakan sebuah nama dari sistem operasi yang dikembangkan sendiri oleh Samsung. Hingga saat ini, sistem operasi ini sudah digunakan di beberapa jam tangan pintar (smartwatch) dan Smart TV yang diproduksi Samsung.

Adapun smartphone Tizen pertama Samsung sendiri juga sudah pernah diluncurkan pada Januari lalu di India. Kemudian dilanjutkan di negara Sri Lanka dan Bangladesh. Sedangkan smartphone Samsung dengan sistem operasi tersebut diketahui bernama Z1.

Menariknya, Samsung bahkan berani mengklaim bahwa penjualan smartphone Z1 di India telah melampaui angka satu juta unit. Di sisi lain, Z1 di negara Bangladesh juga diklaim sebagai smartphone dengan penjualan terbaik.

Sayangnya, sumber Reuters tersebut enggan untuk menjelaskan lebih jauh perihal smartphone Tizen Samsung seperti spesifikasi, harga, desain maupun nama. Namun jika kabar ini benar adanya di kemudian hari, keinginan Samsung untuk membangun ekosistem sendiri bakal makin terwujud.

(brl/red)