Samsung teliti baterai smartphone berkekuatan dua kali lipat

Samsung teliti baterai smartphone berkekuatan dua kali lipat

Techno.id - Seperti diketahui, baterai adalah salah satu kelemahan yang paling sering dikeluhkan oleh para pengguna smartphone. Tak peduli setinggi apa spesifikasinya, baterai smartphone masih akan tetap mudah habis jika digunakan untuk multi-tasking atau multimedia.

Fakta tersebut tampaknya diakui oleh Samsung sebagai sebuah kekurangan dari smartphone. Hal ini dapat dibuktikan dari para peneliti Samsung yang saat ini tengah mengembangkan teknologi baterai Lithium-ion yang menjanjikan kapasitas tenaga lebih besar dari sebelumnya.

Seperti dikutip dari engadget (26/06/15), para pakar Samsung tersebut dikabarkan menggunakan silikon anoda, yang diklaim mampu memuat lebih banyak kapasitas tenaga dibandingkan baterai normal. Kemudian graphene (grafena) di bagian atasnya guna meningkatkan daya tahan dan kepadatan baterai agar tak mudah panas.

Dalam penelitiannya, baterai ini diklaim memiliki bentuk sekitar 1,5 hingga 1,8 lebih padat daripada baterai smartphone yang saat ini telah beredar. Jika baterai smartphone saat ini dapat bertahan sekitar 12 jam, maka secara teori, baterai ini dapat bertahan hingga 21 jam.

Meski sudah ada langkah yang diambil untuk menjawab permasalahan baterai saat ini, namun jangan berharap dulu jika baterai 'baru' ini akan ditemui di Galaxy S7 atau gadget lainnya. Pasalnya, proyek ini masih dalam bentuk sebuah penelitian yang masih belum bisa dipastikan untuk dapat diproduksi dalam produk nyata.

(brl/red)