CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 9 April 2016 19:00

Adobe sarankan pengguna update Flash sekarang juga, ada apa?

Adobe mengaku layanan Flash-nya mengusung kerentanan bernama Locky Ransomware.

Adobe sarankan pengguna update Flash sekarang juga, ada apa?

Techno.id - Adobe baru-baru ini diketahui mendesak para pengguna layanan software platform-nya, Flash untuk melakukan langkah update. Adobe mengungkapkan, update perlu segera dilakukan oleh para pengguna agar mereka bisa terhindar dari ransomware yang dapat menyusupi dan mengambil kendali atas sistem komputer pengguna.

Sebagaimana dilansir oleh Time (8/4/16), Flash memang diketahui mengusung 'kerentanan kritis' berupa ransomware yang dapat memengaruhi kinerja sistem operasi komputer seperti Windows, OS X, Linux, dan Chrome OS. Ransomware yang dikenal dengan nama Locky itu kabarnya dapat memblokir akses pengguna ke sistem dan pengguna baru bisa kembali mengakses setelah mereka membayar sejumlah uang.

Oleh karena adanya ransomware ini, maka Adobe sangat menyarankan pengguna untuk melakukan update ke versi Flash terbaru yang diluncurkan pada 7 April lalu. Untuk mulai mengupdate, pengguna kabarnya hanya perlu klik kanan pada konten Flash di browser dan pilih "About Adobe Flash Player" untuk melihat versi yang sedang Anda gunakan saat ini.

Jika Flash yang Anda gunakan versi lama, maka secara otomatis pilihan download versi terbaru akan muncul. Nah, Anda hanya perlu menekan tombol download pada versi baru dan secara otomatis Flash akan beralih ke versi terbaru.

Sekadar informasi, Adobe menjelaskan jika kerentanan ini pertama kali diketahui telah aktif menyerang pengguna Windows 10. Kendati belum banyak pengguna yang melaporkan terserang kerentanan ini, tapi demi menjaga keamanan pengguna Adobe meluncurkan update tersebut dan mendesak seluruh penggunanya untuk melakukan langkah update sebelum terlambat.

WHAT TO READ NEXT ?