Smartphone tetap laris manis, tiga bulan terakhir laku 337 juta unit

Smartphone tetap laris manis, tiga bulan terakhir laku 337 juta unit

Techno.id - Industri ponsel pintar terbukti sedang subur-suburnya. Berdasarkan analisis terbaru dari International Data Corporation (IDC), setidaknya ada 337,2 juta unit smartphone di seluruh dunia yang laku. Perolehan tersebut dihitung sepanjang April hingga Juni 2015 atau kuartal kedua 2015.

IDC juga melaporkan kalau vendor sekelas Samsung dan Apple masih menjadi kontributor utama penjualan smartphone dunia. Akan tetapi, Huawei, Xiaomi, serta produsen dari Tiongkok lainnya kini sudah mulai membuntuti dan mengincar posisi mereka.

"Pertumbuhan global pasar smartphone tidak hanya didorong oleh kesuksesan perangkat premium andalan dari Samsung, Apple, dan lain-lain. Namun, banyaknya handset terjangkau yang beredar juga berkontribusi untuk terus mendorong penjualan smartphone di pasar-pasar utama," terang Anthony Scarsella, Research Manager IDC, seperti dikutip dari rilis pers mereka (23/07/15).

Masih menurut IDC, angka tersebut telah meningkat 11,6 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2014. Saat itu, hanya ada 302,1 juta unit smartphone yang terjual.

(brl/red)