Mengejutkan, koneksi internet di Amerika tergolong lambat

Mengejutkan, koneksi internet di Amerika tergolong lambat

Techno.id - Diakui atau tidak, banyak masyarakat Indonesia yang mengeluhkan koneksi internet di tanah air lemot. Mereka lalu membandingkannya dengan negara-negara maju yang konon punya koneksi jauh lebih cepat. Tapi, benarkah anggapan masyarakat tersebut?

Faktanya, justru koneksi internet di Amerika bisa dibilang lambat. Seperti yang telah diberitakan oleh CNET pada hari Kamis (24/09/15) lalu, Amerika masuk dalam daftar negara-negara dengan koneksi cukup lambat. Cukup mencengangkan, dalam dari setidaknya 140 negara, dan Amerika masuk pada urutan ke-14.

Amerika juga telah mengadopsi teknologi 4G LTE, namun tetap saja, koneksi internet di sana tak bisa dibilang cepat. Setelah teknologi mulai muncul ke permukaan, kecepatan data hingga 20mbps adalah standar.

Mengejutkan, koneksi internet di Amerika tergolong lambat

Namun jika dibandingkan dengan Korea Selatan, kecepatan download di sana mampu mencapai 25mbps. Angka tersebut kini telah dikalahkan oleh Singapura yang bisa menembus kecepatan 38mbps.

Fakta tersebut cukup mengejutkan, apalagi jika mengingat bahwa negara-negara maju seperti Amerika, Jepang, Jerman, atau Swedia adalah negara yang pertama kali mengadopsi teknologi 4G LTE.

Sementara itu, para provider di Amerika mengatakan bahwa kecepatan rendah tersebut tak lain disebabkan sulitnya mengcover wilayah Amerika yang sangat luas jika dibandingkan dengan Korea Selatan atau New Zealand.

Ya, Amerika pun masih kalah jika dibandingkan dengan negara-negara di Eropa Timur seperti Rumania yang konon juga punya kecepatan data cukup tinggi. Masyarakat Rumania telah merasakan 'nikmatnya' berseluncur di dunia maya dengan kecepatan data rata-rata 30mbps.

Nah, dengan adanya fakta ini, apakah Anda masih berpikir bahwa koneksi internet di Amerika cukup bagus?

(brl/red)