CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 22 September 2015 19:11

Mungkinkah CIA dalang di balik peretasan App Store Tiongkok?

XcodeGhost memiliki ritme kerja yang mirip seperti yang pernah dipamerkan oleh CIA bulan Maret 2015 lalu

Mungkinkah CIA dalang di balik peretasan App Store Tiongkok?

Techno.id - Beberapa hari belakangan, insiden peretasan App Store di Tiongkok sukses menarik perhatian publik. Maklum, publik cukup dibuat kaget karena selama ini layanan besutan Apple itu memang dikenal memiliki reputasi keamanan yang sangat baik.

Hingga detik ini, pelaku di balik peretasan App Store masih belum ditemukan. Menariknya, sejumlah fakta mengungkapkan bahwa lembaga CIA (Central Intelligence Agency) diyakini sebagai dalang di balik serangan ini.

Sebagaimana dikutip dari Softpedia (21/09), XcodeGhost, nama malware penyusup App Store, ternyata memiliki ritme kerja yang mirip seperti yang pernah dipamerkan oleh para peneliti CIA di bulan Maret 2015 lalu.

Kali itu, para peneliti CIA memamerkan cara kerja program Xcode yang telah dimodifikasi dapat menembus beberapa aplikasi iOS. Saat itu pula, Xcode juga sanggup mencuri password dan data kemudian mengirimkan ke server pusat secara diam-diam.

Sejak fakta tersebut dirilis, baik pihak Apple maupun CIA masih enggan untuk berkomentar. Namun jika prediksi ini terbukti benar, maka bukan tidak mungkin akan berdampak hingga hubungan diplomasi antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

WHAT TO READ NEXT ?