Apple habiskan 490 miliar untuk iklan Apple Watch

Apple habiskan 490 miliar untuk iklan Apple Watch

Techno.id - Hari ini Reuters melaporkan bahwa Apple telah mengucurkan dana sebesar USD 38 juta (sekitar Rp. 490 miliar) untuk mengiklankan produk terbarunya, Apple Watch. Dana iklan sebesar itu oleh Apple sudah mulai digunakan per tanggal 9 Maret 2015 kemarin walaupun Apple Watch baru akan dipasarkan pada 24 April 2015.

Seperti dikutip 9to5mac (10/04/15), dana sebesar itu telah dihabiskan untuk mengiklankan Apple Watch di prime time, sebuah stasiun televisi terkemuka di Amerika Serikat.

Jika dibandingkan dengan produk fenomenal Apple lainnya iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, dana iklan Apple Watch sebesar USD 38 juta sekilas memang lebih kecil daripada iPhone 6 yang sudah menghabiskan dana sebesar USD 42 juta (sekitar Rp. 542 miliar). Namun faktanya, dana iklan Apple Watch sebesar USD 38 juta dihabiskan dalam jangka waktu sekitar satu bulan sebelum peluncuran, sedangkan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus memiliki jangka waktu sekitar lima bulan. Sehingga secara logika, dana iklan Apple Watch masih lebih besar.

Pertanyaan yang muncul adalah, mengapa Apple memutuskan untuk mengeluarkan dana yang begitu besar untuk mengiklankan Apple Watch?

Alex Gauna yang berprofesi sebagai seorang analis JMP mengatakan kepada Reuters bahwa Apple sengaja mengiklankan dengan dana yang besar karena Apple Watch merupakan jenis perangkat yang relatif baru bagi publik. Setidaknya Apple Watch ingin dikenal terlebih dahulu oleh publik bahkan sebelum dijual secara resmi.

Sekadar informasi bahwa pre-order Apple Watch sudah dimulai pada tanggal 10 April 2015. Sedangkan untuk peluncuran Apple Watch baru dimulai pada tanggal 24 April 2015.

(brl/red)