Suka bertindak konyol, apakah pria lebih idiot daripada wanita?

Suka bertindak konyol, apakah pria lebih idiot daripada wanita?

Techno.id - Sudah menjadi rahasia umum apabila kaum Adam lebih suka terlibat dalam aktivitas yang tergolong berani, ekstrem, bahkan cenderung bodoh. Anda memang punya hak untuk berargumen bahwa para pria melakukan kegiatan tersebut untuk menyalurkan hobi, memacu adrenalin, atau sekadar iseng saja. Namun baru-baru ini, muncul riset yang mengamini dogma jika pria sebenarnya memang tak lebih pintar dari wanita.

Kesimpulan tersebut datang dari survei yang dilakukan dan diangkat oleh British Medical Journal (BMJ). Dalam artikel ilmiah di situs resminya, BMJ mulanya menduga bahwa pria itu bodoh dan orang bodoh melakukan hal-hal bodoh pula. Untuk membuktikan dugaan tersebut, peneliti dari BMJ kemudian mengamati daftar para peraih gelar Darwin Award sejak pertama kali dihelat. Darwin Award sendiri adalah sebuah penghargaan tidak resmi yang diberikan pada orang-orang yang terbukti meninggal dengan cara yang absurd dan konyol. Meski terdengar tidak penting dan penuh keisengan semata, anehnya Darwin Award sudah ada sejak 1995 dan masih ada sampai sekarang.

Hipotesis berjudul "male idiot theory" itu ternyata menemui jalan terang. Dari 318 kasus yang diangkat sebagai sampel, hanya 36 di antaranya yang teridentifikasi dimenangkan oleh wanita. Tak ayal, porsi penyabet Darwin Award berjenis kelamin laki-laki pun mencapai 88,7 persen atau 282 gelar. Hasil temuan dari riset ini juga mengungkap beberapa fakta menarik, seperti pria lebih sering masuk UGD dan kecenderungan pria yang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas sangat tinggi.

Beragam kejadian yang dialami para pemenang Darwin Award benar-benar bisa membuat Anda mengernyitkan dahi. Salah satu kasus kematian konyol yang tercatat, misalnya, ialah saat seorang teroris berniat untuk mengirimkan paket surat berisi bom. Namun karena stempel yang tertera tidak cukup untuk diproses, paket tersebut pun dikembalikan pada si teroris itu. Alih-alih membuangnya, ia dengan santainya membuka paket tersebut dan bom pun meledak.

(brl/red)