Ingin populer di Facebook? Jadilah orang yang ramah sehari-hari!

Ingin populer di Facebook? Jadilah orang yang ramah sehari-hari!

Techno.id - Premis di atas memang cukup unik, tetapi memang begitulah faktanya. Sementara ini, dunia maya memang membatasi manusia dari kehidupan di dunia nyata. Akan tetapi, sifat dan perilaku manusia saat beraktivitas di "dua alam" tersebut ternyata tak jauh berbeda.

Ya, berdasarkan riset, ada kecondongan bahwa hubungan yang terjadi di Facebook dapat merefleksikan hubungan keseharian seseorang terhadap lingkar sosialnya. Argumen tersebut disampaikan oleh Azar Eftekhar, Ph.D., peneliti dari departemen psikologi University of Wolverhampton, Inggris.

Dari hasil penelitiannya bersama tim, Azar bisa menarik kesimpulan bahwa orang yang disukai di dunia nyata akan tetap disukai pula di media sosial. Menurutnya, orang yang ramah dan cenderung menghindari perselisihan ternyata sangat mudah dalam menjalin interaksi di Facebook. Hal tersebut terbukti saat responden yang mendapatkan predikat "ramah" bisa mendapatkan komentar atau like dari foto yang mereka unggah dengan mudah.

"Dalam kultur Facebook yang berlaku secara umum, memberikan like dan komentar pada foto milik teman menandakan bahwa kita peduli terhadap kehidupan mereka," terang Azar seperti dikutip oleh LiveScience (5/8/14).

Untuk sampai pada kesimpulan tersebut, para peneliti melibatkan lebih dari 100 orang dari rentang usia 17 sampai 55 tahun. Awalnya, peneliti mencari tahu kepribadian para respondennya melalui kuisioner, kemudian peneliti mempelajari perilaku mereka dalam mengunggah foto dan berinteraksi dengan pengguna lain di Facebook. Temuan dari Azar dan timnya ini telah dipublikasikan dalam jurnal Computers in Human Behavior edisi Agustus 2014.

(brl/red)