Terbukti, iPad berhasil cerdaskan murid TK!

Terbukti, iPad berhasil cerdaskan murid TK!

Techno.id - Semakin hari, peran positif teknologi untuk manusia semakin terkuak. Tak melulu mengganggu kehidupan intim manusia, nyatanya penggunaan gadget juga dapat mendukung perkembangan pola pikir si kecil.

Sebuah riset yang digagas oleh sekelompok peneliti dari Amerika Serikat adalah buktinya. Berdasarkan pantauan mereka, iPad sukses meningkatkan prestasi belajar murid taman kanak-kanak (TK).

Riset ini melibatkan 350 murid TK yang berasal dari tiga sekolah di kawasan Midwest, AS. Di sampel sekolah pertama, masing-masing murid diberikan iPad sebagai pendukung proses belajar. Untuk murid-murid di sekolah kedua, hanya 23 iPad yang disediakan, sehingga mereka harus berpasangan untuk menggunakannya. Sedangkan di sampel sekolah ketiga, murid-muridnya tidak menggunakan tablet buatan Apple itu di dalam kelas.

Hasilnya, anak-anak dari sampel TK pertama memiliki skor tes prestasi akhir tahun yang 30 persen lebih tinggi daripada sampel dari dua sekolah lainnya. Tes tersebut umumnya menguji kecakapan menulis dan membaca anak.

Selain pengadaan iPad, tidak ada perubahan mendasar dari tiga sekolah yang dilibatkan itu. Ketiganya memiliki instrumen yang tak jauh berbeda, seperti performa siswa sebelumnya ataupun cara guru memperlakukan murid. Semua iPad yang digunakan pun berisi aplikasi sejenis, mulai dari aplikasi berhitung sampai membaca.

Menurut pendapat peneliti yang dikutip dari LiveScience (10/4/15), penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menyokong temuan ini. Sebab, riset ini hanya dilakukan di AS dengan sampel yang terbatas pula. Peneliti juga menyarankan kalau di proses pembelajaran yang melibatkan iPad, hendaknya dibarengi dengan interaksi grup antar murid, sehingga anak-anak juga tak kehilangan interaksi sosialnya.

(brl/red)