Analis klaim penjualan iPhone di tahun 2016 bakal anjlok

Analis klaim penjualan iPhone di tahun 2016 bakal anjlok

Techno.id - Jelang akhir tahun, memprediksi apa yang akan terjadi di tahun berikutnya merupakan hal biasa. Seperti di dunia teknologi, salah satu kajian yang akan selalu menarik untuk dibahas adalah prediksi penjualan dalam satu tahun ke depan.

Melihat rekam jejak iPhone di sepanjang 2015, maka seharusnya handset besutan Apple itu boleh dikatakan aman di tahun 2016. Namun ternyata tidak demikian bagi seorang analis bernama Katy Huberty dari Morgan Stanley.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (14/12), Huberty mengklaim bahwa penjualan iPhone di tahun 2016 bakal anjlok hingga 5,7 persen. Menurutnya, penjualan 231 juta unit iPhone di tahun 2015 akan menjadi 218 juta unit di tahun 2016.

Huberty menambahkan, penyebab turunnya penjualan iPhone nantinya akan didorong oleh dua faktor. Pertama, adalah karena penetrasi pasar di negara-negara maju. Kedua, harga iPhone di pasar-pasar penting (seperti Tiongkok) bertambah mahal.

Meski demikian, Huberty juga berpandangan bahwa pendapatan Apple masih dapat meningkat hingga dua persen. Menariknya, analis itu mengklaim jika pendapatan tersebut ternyata berasal dari Apple TV dan Apple Watch.

(brl/red)