WhatsApp 'borongan' hadirkan beberapa fitur baru

WhatsApp 'borongan' hadirkan beberapa fitur baru

Techno.id - Layanan instant messaging, WhatsApp, dikabarkan baru saja menghadirkan beberapa fitur terbaru melalui versi update yang baru muncul beberapa hari ini. Kabarnya, selain memperkenalkan fitur baru, versi update layanan ini juga membawa sejumlah perbaikan terhadap bug yang banyak muncul pada versi sebelumnya.

Sebagaimana dilansir oleh AndroidPolice (22/7/15), perubahan paling signifikan dari seri update ini adalah pengaturan mengenai Notifikasi. Disebutkan, ketika Anda membuka halaman rincian kontak atau grup, Anda akan melihat kotak Notifikasi baru di bawah menu Media. Di dalamnya Anda akan menemukan beberapa pilihan untuk menonaktifkan obrolan selama 8 jam, 1 minggu, atau bahkan 1 tahun. Selain itu, melalui fitur baru ini, Anda bisa memilih nada tertentu, panjang getaran, cahaya, popup notifikasi, serta nada dering panggilan dan getaran.

WhatsApp 'borongan' hadirkan beberapa fitur baru

WhatsApp 'borongan' hadirkan beberapa fitur baru

Selain itu, WhatsApp kabarnya juga bakal menghadirkan fitur Mark as Unread pada seri update-nya ini. Untuk menggunakan fitur baru ini, Anda hanya perlu menekan dan menahan pada percakapan apa pun dan Anda akan dapat menandainya sebagai pesan yang belum dibaca. Pihak WhatsApp mengklaim bahwa fitur ini sengaja dihadirkan untuk menjadi pengingat visual bagi pengguna jika ingin mencari obrolan penting dengan seseorang.

WhatsApp 'borongan' hadirkan beberapa fitur baru

Lalu yang terakhir, layanan berlogo gagang telepon ini dikabarkan juga mengusung dua fitur baru, yakni fitur pengaturan penggunaan data rendah untuk panggilan suara yang berguna untuk membatasi kapasitas data yang digunakan oleh layanan ini, serta fitur untuk backup yang berbasis penyimpanan awan, Google Drive. Anda bisa menemukan ikon fitur backup ini di pengaturan Account dan di bawah menu Network Usage.

WhatsApp 'borongan' hadirkan beberapa fitur baru

Kendati demikian, tidak semua fitur ini bisa dinikmati semua pengguna di seluruh dunia termasuk Indonesia. Berdasar pengamatan Techno.id, hingga saat ini masih fitur Notifikasi lah yang bisa mulai dinikmati oleh pengguna layanan WhatsApp di Indonesia. Sementara untuk fitur Mark as Unread dan dua fitur terbaru lainnya yakni pengaturan penggunaan kapasitas data dan backup berbasis Google Drive masih belum bisa dinikmati pengguna WhatsApp di Indonesia. Kemungkinan besar dalam beberapa bulan ke depan, fitur-fitur tersebut bakal menyapa Anda semua pengguna WhatsApp. Jadi, kami sarankan Anda semua untuk sedikit bersabar jika ingin menikmati fitur terbaru dari WhatsApp ini.

(brl/red)