Mengenal fitur "Break" pada MS Word lebih dalam

Mengenal fitur "Break" pada MS Word lebih dalam

Techno.id - Chandra Wijaya

Dalam membuat sebuah file dokumen dengan MS Word, sedikit banyak Anda pastinya akan dihadapkan dengan berbagai macam format penulisan. Yang cukup merepotkan adalah, format penulisan ini akan saling mempengaruhi satu sama lain.

Alhasil, format penulisan yang telah direncanakan kadang tidak tampil seperti yang diinginkan karena terpengaruhi oleh format di atasnya. Di sinilah fitur "Break" pada MS Word dibutuhkan.

Sesuai namanya, fitur "Break" memungkinkan pengguna untuk membuat format berbeda (dan tak saling mempengaruhi satu sama lain) ke dalam satu file dokumen. Adapun fitur break sendiri juga terbagi ke dalam empat macam.

Pertama adalah "Page Breaks". Break jenis ini akan membuat format penulisan yang berbeda untuk penulisan selanjutnya, dan akan langsung dimulai di bagian atas dari halaman baru berikutnya.

Kedua adalah "Column breaks". Break jenis ini akan membuat kursor beralih ke bagian atas dari kolom selanjutnya. Jika hanya terdapat satu kolom pada file dokumen, maka efek break jenis ini akan sama persis dengan "Page breaks".

Ketiga adalah "Section break". Break ini berfungsi untuk memindahkan kursor aktif ke setiap menu "Section" baru dalam file dokumen. Artinya, break ini dapat membuat banyak bagian terpisah dengan format penulisan masing-masing dalam satu file dokumen.

Selain itu, break ini juga terbagi lagi ke dalam empat macam. Di antaranya yakni "Next Page" (section di halaman baru), "Continuous" (section di halaman sama), "Even Page" (section di halaman bernomor genap), dan "Odd Page" (nomor ganjil).

Adapun macam section yang didukung oleh break ini di antaranya yakni margin, ukuran dan orientasi kertas, sumber kertas untuk printer, border halaman, vertical alignment pada teks, header dan footer, kolom, nomor halaman, nomor baris, dan nomor footnote serta endnote.

Sedangkan macam break yang keempat adalah "Text-wrapping breaks". Break ini boleh dikatakan serupa dengan "line breaks" (Shift+Enter). Artinya, break jenis ini akan membuat teks berpindah ke baris berikutnya dan umum digunakan sebagai pemisah antara teks dan gambar.

(brl/red)