Mengenal fitur 'Guest Mode' di Android Lollipop

Mengenal fitur 'Guest Mode' di Android Lollipop

Techno.id - Apakah ponsel Android Anda cukup sering digunakan oleh orang lain? Dan di saat yang bersamaan pula, Anda tak ingin data-data yang tersimpan dapat diakses atau bahkan terhapus secara tak sengaja oleh orang lain.

Jika Anda adalah pengguna Android versi 5.0 Lollipop, hal tersebut seharusnya tak lagi perlu dikhawatirkan. Pasalnya, Lollipop menyediakan sebuah fitur bernama 'Guest Mode' untuk menjawab permasalah tersebut.

Sesuai namanya, Guest Mode memungkinkan ponsel Android untuk berubah ke dalam sebuah pengaturan yang berbeda. Artinya, akses Android dapat dibatasi melalui pengaturan tertentu saat orang lain sedang menggunakan.

Adapun cara mengaktifkan fitur ini juga cukup mudah. Sebagaimana dikutip dari NDTV (30/08), menu ini dapat ditemukan di halaman notifikasi Android yang dapat diakses dengan cara mengusap layar bagian atas ke arah bawah.

Selanjutnya, akses avatar untuk memunculkan tiga ikon yang di antaranya akun Google, Add guest, dan Add user. Tekan menu "Add guest" untuk membuat pengaturan ponsel Android Anda ke mode 'khusus tamu'.

Perlu diketahui bahwa saat proses beralih ke Guest Mode, sistem Android akan bekerja lebih tinggi daripada biasanya. Jadi, akan lebih baik jika Anda tidak melakukan multitasking saat proses ini sedang berlangsung.

(brl/red)