Tingkatkan kualitas internet, Telkom mutasi gardu tembaga ke fiber

Tingkatkan kualitas internet, Telkom mutasi gardu tembaga ke fiber

Techno.id - Dalam rangka meningkatkan layanan telekomunikasi internet, Telkom Divisi Regional Jawa Barat dilaporkan telah mematikan sebanyak 374 gardu telepon konvensional. Gardu-gardu itu kemudian diganti dengan "Indihome".

"Sebanyak 374 gardu telepon konvensional berjaringan kabel tembaga sudah dimatikan, kemudian diganti dengan gardu Indihome," ujar Manager Humas Telkom Divisi Regional Jawa Barat, Asep Tatang.

Ia mengatakan, gardu yang telah diganti itu dilakukan di beberapa titik. Mereka adalah kawasan Bandung sebanyak 199 unit, Tasikmalaya 48 unit, Sukabumi 26 unit, Cirebon 64 nit, dan Karawang 37 unit.

Menurut Asep, pergantian ke gardu Indihome ini merupakan bagian dari salah satu program Telkom, yaitu mengganti jaringan kabel tembaga ke fiber. Artinya, jaringan fiber seharusnya memang memiliki kecepatan internet yang lebih tinggi.

"Gardu lama tidak bisa digunakan untuk memberikan layanan kecepatan dari serat fiber, sehingga seluruh gardu harus diganti dengan yang baru dan yang lama tidak bisa digunakan lagi," paparnya.

Sementara itu, Asep mengklaim bahwa program mutasi dari jaringan tembaga ke fiber ini akan terus dilakukan di berbagai daerah. "Jumlah pelanggan telepon duduk di Jabar saat ini 115.000 sambungan, semua akan dimutasi ke fiber," tutupnya.

(brl/red)