CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 16 April 2016 11:00

Telpon ke Korea Selatan segera bisa pakai VoLTE

Smartfren pun unjuk gigi kesiapan layanan VoLTE miliknya dengan berkomunikasi ke nomor pelanggannya di Korea Selatan.

Telpon ke Korea Selatan segera bisa pakai VoLTE

Techno.id - Jadi operator pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telekomunikasi berteknologi voice ovr LTE (VoLTE), Smartfren tak mau kehilangan momentum. Operator telekomunikasi ini mencoba memperluas jangkauannya ke luar negeri.

Smartfren pun unjuk gigi kesiapan layanan VoLTE miliknya dengan berkomunikasi ke nomor pelanggannya di Korea Selatan. Proses telepon suara dan video dilakukan secara real-time ke mitranya yang berada di Korea Selatan.

Novi H Lestari selaku International Service Department Smarfren menyatakan layanan telekomuikasi berbasis VoLTE yang dilakukannya ke Negeri Ginseng tersebut menggunakan jaringan milik operator LG UPlus. Perusahaan itu diklaim jadi yang pertama menyediakan VoLTE secara komersial di sana.

Video call VoLTE
© 2016 techno.id/Denny Mahardy

"Kita sudah menyediakan layanan VoLTE secara komersial di Indonesia. Sekarang kita sedang berusaha menyediakan roaming internasional VoLTE supaya pelanggan bisa menikmati layanan ini di luar negeri, kita pilih LG UPlus karena jadi yang pertama menyediakan VoLTE secara komersial di negaranya," kata Novi.

Lebih lanjut, Novi memaparkan bahwa pihaknya sengaja menggelar ujicoba roaming international VoLTE untuk memastikan kualitasnya baik. Menurut pengamatan Techno.id®, komunikasi lewat VoLTE yang dilakukan memakai jaringan LG UPlus sudah cukup baik.

Smartfren juga unjuk gigi layanan VoLTE bisa digunakan melakukan panggilan suara maupun video dengan mudah. Bahkan, penggunanya bisa berpindah dari panggilan suara dan video secara langsung tanpa mengakhiri panggilan maupun penurunan kualitas.

Sayangnya, ujicoba roaming internasional VoLTE secara komersial dari Smartfren masih belum bisa dipastikan waktu pastinya. Perusahaan berkilah bahwa ekosistem VoLTE masih perlu dibangun.

 

WHAT TO READ NEXT ?