CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 17 Februari 2016 00:15

Siap adopsi VoLTE, pelanggan Smartfren bakal bisa telepon pakai LTE?

"Nantinya pelanggan bisa nelepon pakai jaringan 4G LTE yang kualitas suaranya lebih bagus daripada voice call biasa," jamin Direktur Smartfren.

Siap adopsi VoLTE, pelanggan Smartfren bakal bisa telepon pakai LTE?
Techno.id - Smartfren Telecom mengklaim perusahaannya siap meningkatkan teknologi telekomunikasi berbasis 4G LTE (lon term evolution) yang diusungnya. Peningkatan teknologi yang bakal dil;akukan Smartfren disebutkan akan membuat pelanggannya bisa melakukan panggilan telepon memakai layanan data.
 
Penggunaan teknologi LTE untuk menyediakan panggilan suara melalui layanan berbasis voice over LTE (VoLTE). Teknologi ini disebutkan mengagregasi atau menggabungkan dua kanal frekuensi yang dimiliki Smartfren dalam menyediakan layanan data di 850 Mhz dan 2300 Mhz.

"Infrastruktrur kita sih sebenarnya sudah siap buat teknologi terbaru berbasis LTE termasuk VoLTE. Kita kan bisa agregasi dua kanal spektrum buat menyediakan layanan digital yang lebih cepat," kata Roberto Saputra, Direktur Smartfren sewaktu ditemui tim Techno.id beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, pria berkacamata itu menyatakan bahwa operator berbasis CDMA itu sedang dalam proses persiapan pengadopsian layanan VoLTE. Saat ini, tahapan persiapan yang dilakukan perusahaannya sudah memasuki tahap ujicoba internal sebelum akhirnya dibuka sebagai layanan komersial kepada pelanggan.

"Layanan berbasis VoLTE-nya sendiri sedang kita uji coba di tim internal sebelum kita luncurkan secara komersial ke pelanggan. Nanti pelanggan kita bisa nelepon langsung pakai jaringan 4G LTE yang kualitas suaranya lebih bagus daripada voice call biasa," tambah Roberto.
 
Meskipun Smartfren sebagai operator telekomunikasi mengaku telah siap, layanan VoLTe tidak bisa langsung dinikmati pelanggan. Sebab, layanan ini memerlukan perangkat khusus yang juga sudah dilengkapi kemampuan menjalankan layanan VoLTE dan jumlahnya masih belum cukup banyak.
 
WHAT TO READ NEXT ?